Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membuat Teras sebagai Ruang Bersantai yang Nyaman

Kompas.com - 20/11/2021, 21:05 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika Anda memiliki teras, Anda memiliki harta karun, terutama di musim panas. Ini adalah waktu yang tepat untuk memanfaatkannya sepenuhnya, menikmatinya, dan mengubahnya menjadi tempat ajaib yang mampu membuat Anda merasa seperti sedang berlibur di rumah.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa ide untuk mengubah teras Anda menjadi area bersantai melansir dari Decor Tips pada Sabtu (20/11/2021)

Baca juga: 5 Tips Dekor Ruangan Sempit dan Suram agar Terlihat Lebih Cerah

Lindungi diri dari sinar matahari

Jika teras Anda mendapat sinar matahari penuh, jangan ragu untuk memasang tenda, payung, pergola, atau apa pun yang akan membantu melindungi Anda. Dengan cara ini, Anda juga dapat menggunakannya di pagi hari.

Ini adalah salah satu investasi paling mahal yang dapat Anda lakukan, tetapi dalam jangka panjang, yang paling menguntungkan karena Anda dapat melindungi furnitur Anda dari sinar matahari, yang memperpanjang umurnya, dan memanfaatkan lebih banyak ruang ini.

Baca juga: 5 Tips Dekor Ruangan dengan Rumput Pampas yang Estetik

Pilih warna dan bahan yang tepat

Untuk area outdoor apa pun, baik teras, taman, atau balkon, disarankan Anda memilih furnitur outdoor.

Perlu diingat bahwa kondisi cuaca ekstrem, seperti panas yang menyengat, hujan, angin, dan lainnya, dapat membuatnya lebih mudah aus dan lebih baik menggunakan item yang dibuat untuk tujuan ini.

Untuk warna, meskipun tergantung selera, kami menyarankan untuk menggunakan alas netral untuk furnitur dan menambahkan percikan warna agar lebih ramah.

Baca juga: 5 Tips Dekor Kamar Kos agar Senyaman Berada di Rumah

Tambahkan sentuhan alam

Tanaman menghubungkan Anda dengan alam dan mampu menenangkan siapa pun. Jangan ragu untuk memesan tempat untuk mereka dan jika Anda dapat memiliki bunga asli, itu lebih baik.

Beberapa bunga, seperti melati, memberikan aroma memabukkan pada malam musim panas, dan cabang-cabangnya sempurna untuk sedikit keintiman.

Tanaman kecil dapat membantu menciptakan area yang lebih teduh. Selanjutnya, jika Anda suka berkebun, Anda bisa memeliharanya sepanjang tahun dan memperbanyaknya dengan menanam stek atau biji. Bukankah itu hebat?

Baca juga: 5 Tips Dekor Ruang Tamu Kecil agar Terlihat Lebih Luas dan Nyaman

Pencahayaan

Lampu LED adalah ide bagus untuk menambahkan pencahayaan ekstra ke area bersantai Anda. Mereka ramah anggaran dan, seolah-olah itu tidak cukup, mereka juga ramah lingkungan. Selain itu, beberapa bekerja dengan baterai surya dan itu menjadikannya pilihan berbiaya rendah.

Lampu langit-langit, strip LED, lentera, dan beberapa lilin akan membuat Anda memiliki banyak cahaya dengan intensitas berbeda yang akan menciptakan suasana yang sangat santai. Selanjutnya, periksa semua opsi pencahayaan eksterior yang Anda miliki di Ikea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com