Kompas.com - 10/01/2022, 09:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing merupakan hewan peliharaan yang lucu dan sangat menyukai dimanja, tetapi mereka juga bisa menjadi tantangan untuk dirawat, terutama jika berada di dalam ruangan sepanjang waktu.

Sebab, kucing merupakan pemburu alami dan mudah bosan, sehingga cenderung ingin tahu dan itu dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti ketika mereka memutuskan untuk mencakar gorden, karpet, dan perabot rumah lainnya. 

Melansir dari Web MD, Senin (10/1/2022), ketika Anda memahami kebutuhan dasar kucing, Anda dapat memelihara kucing yang sehat dan hidup bersama mereka secara harmonis.

Baca juga: Beberapa Alasan Kucing Menggoyangkan Ekornya Saat Tidur

Ilustrasi kucing peliharaan, memelihara kucing. FREEPIK/LOOKSTUDIO Ilustrasi kucing peliharaan, memelihara kucing.

Berikut beberapa cara agar kucing rumahan tetap sehat dan tidak bosan selama di dalam ruangan.

1. Buat hidup tetap menarik

Bagi kebanyakan kucing dalam ruangan, hidup itu membosankan, monoton. Jadi, Anda harus membuat mereka sibuk sebanyak mungkin.

“Kesalahpahaman kita tentang kucing sebagai hewan peliharaan 'pemeliharaan rendah' telah menyebabkan kucing bosan dan stres. Ini telah mengakibatkan epidemi obesitas kucing serta penyakit terkait stres seperti infeksi saluran kemih," kata Ariel Mosenco, dokter hewan dari Fakultas Kedokteran Hewan University of Pennsylvania.

Kucing membutuhkan waktu bermain interaktif yang akan memuaskan naluri berburu mereka dan membuat mereka tetap aktif.

Baca juga: Mengapa Kucing Suka Duduk dan Berbaring di Atas Benda Pemiliknya?

“Beberapa kucing suka bermain lempar tangkap, jadi lempar mainan ke bawah tangga sehingga kucing harus berlari naik turun bekerja dengan baik," jelas Arlene Gardsbane, dokter hewan di Silver Spring, Maryland.

Mainan penunjuk laser sangat bagus untuk membuat kucing berlari mengejarnya. 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber WebMD
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.