Kompas.com - 05/02/2022, 10:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam cabai di rumah cukup mudah dilakukan dan memiliki sejumlah manfaat. Selain mempercantik pekarangan rumah, Anda juga dapat langsung menikmati hasilnya saat panen tiba.

Menanam cabai tidak hanya dapat dilakukan di tanah, pot, maupun polybag. Anda juga dapat menanam cabai secara hidroponik.

Nah, bagaimana cara menanam cabai dengan hidroponik? Berikut penjelasannya, dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Sabtu (5/2/2022).

Baca juga: Tertarik Budidaya Cabai dalam Polybag? Berikut Ini Caranya

Ilustrasi tanaman cabai. SHUTTERSTOCK/PAPA ANNUR Ilustrasi tanaman cabai.

1. Menyiapkan bibit cabai

Untuk memulai menanam cabai hidroponik, Anda harus menyiapkan bibit tanaman cabai. Anda dapat memilih bibit cabai yang berkualitas dengan cara melakukan perendaman menggunakan air hangat.

Bibit cabai yang tenggelam adalah merupakan bibit cabai yang berkualitas baik dan layak untuk dibudidayakan.

Adapun bibit cabai yang mengapung ataupun mengambang adalah bibit cabai yang tidak berkualitas dan dapat dibuang karena tidak layak ditanam.

Langkah selanjutnya, Anda dapat menggunakan sistem sumbu. Anda harus menyiapkan wadah berupa dua buah ember atau pot.

Baca juga: 5 Jenis Cabai yang Mudah Tumbuh dan Berbuah di Polybag

Pot pertama digunakan sebagai wadah larutan nutrisi, sedangkan wadah yang kedua dap at Anda gunakan sebagai wadah tanaman cabai.

2. Menyiapkan media tanam

Anda harus menggunakan media tanaman berupa cocopeat serta arang sekam dengan menggunakan skala perbandingan 1 : 1. Setelah itu Anda dapat mengaduknya secara merata.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.