Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Merenovasi Area Luar Ruangan agar Tampak Menarik

Kompas.com - 30/12/2021, 13:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ahs

JAKARTA, KOMPAS.com - Merapikan eksterior dan halaman rumah menjadi perhatian utama saat ini karena mengingat cuaca akhir-akhir ini sering diguyur hujan. 

Ditambah, menyambut pergantian tahun, banyak pemilik rumah yang membuat acara berkumpul bersama keluarga di luar ruangan seperti pesta barbercue di taman atau halaman belakang. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Berduri yang Dapat Mempercantik Teras Rumah

Namun, jangan biarkan itu menjadi tugas yang menakutkan. Dengan sedikit usaha dan imajinasi, Anda dapat menyelesaikan setiap proyek perbaikan rumah di luar ruangan hanya dalam satu akhir pekan.

Melansir dari American Home Shield, Rabu (29/12/2021), berikut empat ide merenovasi area luar ruangan agar tampak menarik. 

Baca juga: 5 Ide Renovasi Jendela Rumah yang Ramah Anggaran

Rapikan jendela 

Ilustrasi jendela, membuka jendela.SHUTTERSTOCK/BLACKDAY Ilustrasi jendela, membuka jendela.
Ketika datang ke ide merenovasi area luar ruangan, perbaiki jendela rumah yang rusak atau ganti dengan model jendela terbaru yang lebih menarik. 

Seperti diketahui, jendela adalah bagian intergal rumah dan merupakan fitur eksterior dan interior rumah yang dapat mempercantik tampilan hunian.

Jendela juga dapat meningkatkan daya tarik tepi jalan rumah. Untuk meningkatkan hal itu dengan mudah, Anda dapat menggantung daun jendela baru dan menambahkan kotak jendela berisi bunga

Baca juga: 5 Ide Renovasi Dapur yang Bisa Dicoba pada Pendemi Ini

Buat kotak taman yang ditinggikan 

Ingin memulai kebun sayur, tetapi tidak tahu komposisi tanah Anda? Suka ide petak bunga, tetapi tidak tertarik menyiapkan tanah yang ada? Jangan khawatir.

Cukup buat kotak taman di atas tanah dan campur kotoran, kondisioner, juga pupuk berkualitas tinggi. Pindahkan tanaman yang di tanam di tanah ke dalam kotak agar membuat taman tampak menarik dan tertata. 

Baca juga: 5 Alasan Perlu Menata dan Merawat Taman Rumah Seindah Mungkin

Bersihkan kotoran mesin air bertekanan 

Pada musim gugur dan hujan, area luar ruangan seperti taman atau halaman belakang rumah biasanya mulai ditumbuhi semak dan dedaunan yang berjatuhan sehingga membuat taman terlihat kotor serta berantakan.

Untungnya, dengan bantuan mesin air bertekanan (juga disebut "mesin cuci listrik"), Anda dapat dengan mudah menghilangkan kotoran yang tidak sedap dipandang serta merusak pemandangan. 

Anda bisa membeli atau menyewanya dari toko perbaikan rumah terdekat, lalu kerjakan dari atas ke bawah, dan hindari mengarahkan selang pada sudut 90 derajat untuk mencegah kerusakan.

Alat ini juga dapat digunakan untuk mencuci segala macam hal, dari dinding, trotoar, dek, dekorasi luar ruangan, hingga selokan yang sangat kotor dan tersumbat. 

Baca juga: 7 Cara Alami Membasmi Gulma di Taman  

Pangkas semak dan buang ranting pohon yang gugur

Ilustrasi gulma, mencabut gulma di halaman rumah. PIXABAY/MARIA Ilustrasi gulma, mencabut gulma di halaman rumah.
Pohon dan semak tidak harus ditumbuhi terlalu banyak atau penuh dengan cabang mati untuk mendapatkan manfaat dari pemangkasan yang baik.

Sebenarnya, pemangkasan yang baik adalah seperti potongan rambut yang bagus, yakni  mendorong pertumbuhan yang sehat.

Pangkas semak sependek mungkin agar area luar ruangan terlihat rapi dan buang dahan atau ranting pohon yang sudah gugur.

Dengan mengikuti tips di atas, area luar ruangan Anda akan menjadi menarik dan indah  dalam waktu singkat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com