Kompas.com - 03/12/2021, 13:25 WIB
Ilustrasi taman Unsplash/Jan CantyIlustrasi taman

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan orang percaya bahwa memotong rumput adalah hal yang diperlukan untuk membuat taman rumah lebih terawat dan tertata.

Padahal, merawat dan menata taman yang tepat membutuhkan setidaknya beberapa perubahan atau modifikasi dari desain dan fitur yang ada pada sebidang tanah atau taman dengan menambahkan beberapa elemen estetika seperti tanaman hias, baik tanaman daun maupun tanaman bunga, kursi taman, atau kolam air atau ikan

Baca juga: 7 Cara Alami Membasmi Gulma di Taman

Menata taman rumah terlihat lebih indah dan terawat tentu bukan tanpa alasan. Hal ini tidak hanya berhubungan dengan estetika, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi taman dan rumah. 

Melansir dari My Decorative, Jumat (3/12/2021), berikut lima alasan perlu menata dan merawat taman rumah seindah mungkin.  

Baca juga: 6 Tips Efektif Menghemat Air Saat Merawat Tanaman dan Taman

Melestarikan alam

Ilustrasi taman rumahUnsplash/Annie Spratt Ilustrasi taman rumah
Dengan meningkatnya pemanasan global dan industrialisasi, banyak orang merasa perlu  melestarikan nuansa alam serta sumber daya alam yang cepat habis.

Taman yang terpelihara dengan baik membantu meningkatkan fungsi tersebut. Penataan yang tepat dapat mengontrol perubahan suhu ekstrem, membantu mempertahankan suasana tenang, bahkan pada musim panas yang terik, serta menghilangkan kebisingan.

Selain itu, melestarikan sumber daya alam seperti tanah dan air serta membantu menjaga keseimbangan ekologi. Anda dapat mencapai keseimbangan antara desain struktural rumah serta cagar alam dengan mengelilingi area hardscaped, yang merupakan teras dan jalur batu, dengan tanaman.  

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Kucing dan Taman Bersamaan 

Meningkatkan fungsionalitas dan nilai jual rumah 

Penataan membantu memanfaatkan taman yang lebih fungsional dan nyaman. Ini juga merupakan investasi yang baik untuk rumah.

Anda dapat menggabungkan kreativitas untuk mendesain taman dengan menambahkan teras, area duduk, dan dek untuk mengubahnya menjadi ruang tamu di luar ruangan.

Hal ini juga dapat meningkatkan nilai jual rumah serta mengurangi biaya pemanasan dan pendinginan. 

Baca juga: 5 Ide Perawatan Taman yang Mudah dan Minim Waktu 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.