Kompas.com - 30/11/2021, 14:10 WIB
Ilustrasi gulma, mencabut gulma di halaman rumah. PIXABAY/MARIAIlustrasi gulma, mencabut gulma di halaman rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan gulma atau rumput liar di taman sering kali membuat kesal. Tentu saja, keberadaan gulma ini membuat keindahan taman menjadi berkurang. 

Ditambah lagi, gulma dapat mengurangi nutrisi tanah yang akan membuat tanaman menjadi kekurangan nutrisi, kerdil, layu, bahkan mati. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menghilangkan Gulma di Taman Secara Permanen

Sayangnya, meski telah dibersihkan berkali-kali, gulma masih saja muncul. Namun, membasmi gulma bukan hal sulit. 

Sebenarnya, ada banyak produk kimia pembasmi gulma yang dijual di pasaran. Akan tetapi, embasmi ini dapat merusak tanaman serta lingkungan.  Beruntung, ada berbagai cara alami membasmi gulma di taman. 

Melansir dari Bobvila, Senin (29/11/2021), berikut tujuh cara alami membasmi gulma di taman. 

Baca juga: Cara Membuat Larutan Cuka untuk Membunuh Gulma 

Cuka

Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.
Cuka dapat membasmi gulma secara alami. Namun, sama dengan herbisida alami lainnya, cuka tidak dapat membedakan antara gulma dan tanaman lain.

Semprotkan cuka pada gulam setiap pagi hari ketika ada sedikit angin untuk menghindari kontaminasi tanaman di dekatnya.

Sifat membunuh cuka diaktifkan matahari. Jadi, cobalah cara ini saat hari cerah atau tidak hujan agar hujan tidak akan menghilangkan cuka sebelum bekerja.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menyemprot Pembasmi Gulma di Halaman 

Cabut dengan tangan

Cara kuno membersihkan gulma di taman adalah mencabutnya dengan tangan. Sebelum mencabut gulma, kenakan sepasang sarung tangan berkebun guna menghindari pemindahan benih secara tidak sengaja ke tempat lain.

Selain itu, gunakan alat berkebun seperti cakar atau sekop tajam untuk membantu melonggarkan akar gulma dari tanah terlebih dahulu agar memudahkan mencabut gulma.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bobvila
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.