Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersihkan Jamur di Kamar Mandi dengan Tiga Bahan Ini

Kompas.com - 30/11/2021, 09:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena sering terpapar air dan lembap, permukaan kamar mandi bisa ditutupi jamur. Jamur di kamar mandi tidak hanya tidak sedap dipandang, tetapi juga dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan.

Mengatasi jamur bisa sangat sulit, terutama jika sudah ada sejak lama.

Dikutip dari Express, Selasa (30/11/2021), meskipun ada sejumlah perawatan kimia yang tersedia untuk dibeli, di forum Reddit yang didedikasikan untuk membersihkan, satu pengguna membagikan tiga bahan yang ampuh membersihkan jamur di kamar mandi.

Baca juga: Sering Tak Terlihat, Ini 3 Tanda Rumah Memiliki Jamur

Menurut seorang pengguna bernama MiniMao, soda kue alias baking soda, cuka, dan sabun cuci piring bisa menjadi kuncinya.

Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.

"Cobalah membuat pasta dari soda kue, cuka, dan sabun cuci piring. Oleskan, diamkan sebentar, dan gosok," kata MiniMao.

Soda kue dan cuka sering dipuji karena kegunaannya di sekitar rumah, terutama dalam hal pembersihan. Ketika soda kue dan cuka digabungkan, asam dalam cuka memecah soda kue, melepaskan gas karbon dioksida yang dapat membantu mengangkat kotoran dari permukaan.

Asam asetat dalam cuka membuatnya menjadi pembersih yang hebat. Sifat asam cuka sangat kuat sehingga, menurut Health Line, dapat melarutkan tumpukan mineral, kotoran, dan minyak.

Baca juga: 3 Langkah Mudah Menghilangkan Jamur di Kamar Mandi

Mereka menyatakan bahwa cuka juga cukup kuat untuk membunuh bakteri. Adapun soda kue bersifat basa, namun juga berfungsi dengan baik untuk menjadikannya bahan pembersih yang kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com