Kompas.com - 30/11/2021, 08:31 WIB
Ilustrasi anggrek bulan. PIXABAY/DIZZY ROSEBLADEIlustrasi anggrek bulan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman bunga anggrek bisa tampak seperti tanaman yang menantang untuk dirawat. Akan tetapi, jika mengikuti panduan yang benar, perawatannya bisa sangat mudah.

Dikutip dari Express UK, Selasa (30/11/2021), dikenal karena kemampuannya untuk bertahan selama beberapa bulan pada suatu waktu, anggrek sering diberikan sebagai hadiah dan menjadi tanaman hias yang sempurna, tetapi bagaimana cara merawat anggrek yang benar.

“Anggrek adalah tanaman hias yang sangat halus yang telah menjadi favorit di rumah tangga selama bertahun-tahun berkat bunganya yang indah yang dapat bertahan selama berbulan-bulan," kata para pakar di Baby Bio.

Baca juga: Mengapa Batang Tanaman Bunga Anggrek Berubah Warna Jadi Cokelat?

Ilustrasi bunga anggrek Spathoglottis plicata. SHUTTERSTOCK/PAULOSE N K Ilustrasi bunga anggrek Spathoglottis plicata.

“Namun, bukan rahasia lagi bahwa mereka memiliki persyaratan khusus dan oleh karena itu harus diperlakukan dengan hati-hati, reputasi yang menyebabkan banyak pecinta tanaman waspada untuk memiliki anggrek," jelas mereka.

Menurut para pakar di Baby Bio, kunci perawatan anggrek terletak pada lingkungannya. Di habitat aslinya, anggrek tumbuh di pohon atau di bebatuan.

“Sebagian besar anggrek secara alami tumbuh tinggi di puncak pohon hutan hujan di kulit kasar daripada di tanah," tutur mereka.

Artinya pemilik anggrek harus mencoba meniru lingkungan ini. Anggrek harus dimasukkan ke dalam pot dengan kompos berbahan dasar kulit kayu untuk membantu aerasi dan drainase.

Baca juga: Cara Merawat Anggrek Cymbidium, Cantik Saat Cuaca Dingin

Kompos berbasis kulit kayu dapat membantu mencegah tanaman menjadi tergenang air.

“Meskipun rentan terhadap air yang berlebihan, anggrek mendapatkan sebagian besar kelembapannya dari udara dan karenanya lebih menyukai kelembapan," ungkap para pakar di Baby Bio.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Express
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.