Kompas.com - 30/11/2021, 07:54 WIB
Ilustrasi ruang tamu dengan warna cat beige atau cream Unsplash/SpacejoyIlustrasi ruang tamu dengan warna cat beige atau cream

JAKARTA, KOMPAS.com - AC atau pendingin ruangan bisa dengan mudah membuat ruangan lebih sejuk dan nyaman. Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki AC di rumah atau ingin menghemat tagihan listrik?

Ada banyak cara membuat ruangan sejuk tanpa AC, yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan murah. Dilansir dari Homes to Love, Selasa (30/11/2021), berikut beberapa caranya.

1. Tutup jendela

Perawatan jendela yang tepat akan membantu memblokir panas serta mengurangi tagihan listrik Anda.

Baca juga: 5 Jenis Tirai yang Akan Membuat Suhu di Rumah Lebih Sejuk

Meskipun wajar jika ingin membuka pintu dan jendela untuk membiarkan udara segar masuk, terutama di pagi hari, kemungkinan suhu di luar ruangan akan lebih hangat daripada di dalam ruangan pada pertengahan pagi.

Oleh sebab itu, sebaiknya tutup pintu dan jendela untuk menjaga udara sejuk di dalam. Jika suhu akan turun dalam semalam, buka jendela sebelum tidur dan biarkan angin yang lebih sejuk masuk.

2. Tutup tirai

Menurut Family Handyman, hingga 30 persen panas yang tidak diinginkan berasal dari jendela. Jadi, jika jendela Anda terkena sinar matahari langsung, tutup tirai atau gorden untuk mencegah panas matahari menghangatkan udara di dalam rumah.

3. Perhatikan rongga atap rumah

Tahukah Anda bahwa rongga atap rumah dapat mencapai hingga 70 derajat pada hari musim panas? Ini tentu membuat ruangan di rumah terasa panas.

Baca juga: 5 Inspirasi Ruang Tamu Berwarna Toska yang Sejuk dan Menyegarkan

Dinginkan rongga atap dengan sistem ventilasi atap.

4. Kipas angin melawan arah jarum jam

Saat cuaca panas, efek angin dingin yang menyejukkan dari kipas langit-langit pada kulit Anda dapat membuat ruangan terasa hingga delapan derajat lebih dingin dan mengurangi tagihan listrik hingga 40 persen.

Namun, agar efektif, Anda perlu memastikan kipas berputar berlawanan arah jarum jam untuk menarik udara panas menjauh dari Anda dan mendorong udara dingin ke bawah.

5. Jangan pakai lampu pijar

Jika Anda masih memiliki lampu pijar di rumah, sekaranglah saatnya untuk menggantinya. Bola lampu pijar menghabiskan sekitar 90 persen energinya dalam panas yang dipancarkannya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.