Kompas.com - 08/12/2021, 12:01 WIB
Ilustrasi membeli kulkas baru, memilih kulkas sebelum membeli. SHUTTERSTOCK/BEARFOTOSIlustrasi membeli kulkas baru, memilih kulkas sebelum membeli.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas menjadi salah satu alat elektronik yang harus ada di dalam dapur. Fungsi utamanya yang dapat mengawetkan berbagai bahan makanan apapun, membuatnya sangat dibutuhkan.

Namun, tak semudah terlihatnya, memilih kulkas terbaik untuk dapur perlu berbagai pertimbangan. 

Karena itu, penting untuk memastikan bahwa Anda berbelanja dengan bekal pengetahuan yang kaya tentang tujuan, fungsionalitas, dan kemajuan teknologi.

Baca juga: Bukan di Kulkas, Ini Cara Menyimpan Bawang Merah dan Putih yang Tepat

Melansir dari Homes to Love, Rabu (8/12/2021)  para ahli di bidangnya, Colin Jones, Pakar Kategori di Appliances Online, tim di Bing Lee, dan Andrew Wand, kepala peralatan rumah tangga di Samsung Australia, memberikan informasi terkini bagaimana memilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhan dapur, antara lain sebagai berikut. 

1. Fitur yang dibutuhkan

Wand mengatakan bahwa ketika memilih fitur kulkas, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan anggaran, juga mencantumkan format penyimpanan sebagai salah satu pertimbangan utama. 

Tim di Bing Lee mengatakan bahwa meskipun itu sangat tergantung pada kebutuhan pribadi Anda, namun sebagian besar mencari fitur serupa, termasuk kontrol suhu kulkas, rak dan kompartemen penyimpanan yang dapat disesuaikan, pencahayaan interior yang memadai, ruang freezer, dan efisiensi energi.

Fitur yang lebih khusus termasuk dispenser air dan pembuat es (dengan pipa atau tanpa pipa), laci yang lebih tajam, kompartemen susu, dan kontrol suhu yang dapat disesuaikan.

Baca juga: Berapa Lama Makanan Bertahan di Kulkas yang Mati? Ini Penjelasannya

Kemudian, fitur bebas embun beku, lapisan antibakteri, filter udara, akses pintu di pintu, mode liburan, alarm, kunci anak, tampilan LED.

"Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa model dengan pembuat es dan dispenser air menggunakan lebih banyak energi daripada yang tidak,  jika Anda dapat hidup tanpa fitur ini, Anda akan lebih menghemat tagihan listrik," ujar tim di Bing Lee. 

2. Ukuran 

Kecuali Anda sedang merenovasi dapur dan memiliki banyak ruang untuk dikerjakan, salah satu pertimbangan pertama adalah ukuran kulkas yang secara realistis memungkinkan di ruangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.