Kompas.com - 05/12/2021, 18:05 WIB
Ilustrasi isi kulkas. FREEPIKIlustrasi isi kulkas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemadaman listrik yang terjadi di rumah dapat mempengaruhi kinerja peralatan elektronik, termasuk kulkas.

Sebagai alat elektronik yang bertugas mendingingkan, menyimpan, dan mendinginkan bahan makanan agar tahan lama, pemadaman listrik dapat menurunkan kinerja kulkas, bahkan  membuat makanan di dalamnya cepat busuk atau basi. 

Baca juga: 6 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Atas Kulkas

"Tanpa listrik, kulkas kemungkinan akan tetap berada pada suhu yang aman hingga empat jam jika pintunya tetap tertutup," ujar Tamika Sims, Direktur Komunikasi Teknologi Pangan di Dewan Informasi Pangan Internasional, dilansir dari Martha Stewart, Minggu (5/12/2021)

Sedangkan, makanan yang disimpan dalam freezer bisa dingin lebih lama sekitar satu hari jika freezer setengah penuh.

Sedangkan untuk freezer penuh, makanan bisa awet selama 48 jam. Sebab, semakin banyak makanan di dalam freezer, semakin suhu dingin akan tertahan. 

Namin, jangan tergoda memeriksa makanan setiap beberapa menit karena ini akan mempercepat kenaikan suhu dan bisa merusaknya.

"Sangat penting menjaga pintu kulkas dan freezer tertutup selama pemadaman listrik untuk menjaga suhu dingin," kata Sims.

Baca juga: 4 Penyebab Kulkas Terasa Panas Saat Disentuh 

Bagaimana mengetahui makanan di dalam kulkas mulai rusak?

Selama pemadaman listrik, Anda dapat menggunakan termometer alat pada kulkas dan freezer untuk membantu menentukan apakah makanan masih aman.

"Biasanya, suhu kulkas harus 4,4 derajat Celsius atau lebih rendah dan freezer harus -17 derajat Celsius atau lebih rendah," ucap Sims.

Jika tidak ada termometer di dalam alat untuk mengukur suhu, Anda dapat menggunakan termometer makanan di setiap item untuk mengetahui apakah aman untuk dimakan. 

Baca juga: 9 Tips Perawatan Kulkas agar Tahan Lama, Apa Saja?

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.