Kompas.com - 08/12/2021, 10:41 WIB
Kenapa kucing tidur melingkar bisa jadi karena merasa lebih aman atau sekadar naluri alaminya. PEXELS/MATHEUS BERTELLIKenapa kucing tidur melingkar bisa jadi karena merasa lebih aman atau sekadar naluri alaminya.

JAKARTA, KOMPAS.com- Dalam beberapa kasus, setelah kucing disteril banyak pemilik kucing menyebut adanya perubahan perilaku terhadap kucing kesayangannya.

Jika sebelum disteril kucing lebih aktif dan sering mengeong, kini setelah disteril kucing berubah jadi pendiam, sering melamun, bahkan jarang mengeong.

Namun, benarkah demikian? Yuk, cari tahu jawabannya dilansir dari Catster pada Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Kucing Tidur Terus, Apakah Normal?

Perilaku Kucing Berubah Setelah Disteril?

Kucing totol, kucing liar terkecil di dunia.Wikimedia Commons Kucing totol, kucing liar terkecil di dunia.

Menurut Dr. Eric Barchas, seorang dokter hewan di San Francisco, menjelaskan bahwa kucing jantan dewasa memiliki sejumlah testosteron yang mengalir dalam darahnya.

Hormon ini memiliki banyak efek pada tubuh, salah satunya meningkatkan massa otot sehingga membuat kucing lebih aktif.

Selain itu, hormon ini juga terkait dengan agresi sehingga menciptakan dorongan untuk kucing jantan birahi serta kawin.

Kucing jantan kerap disebut-sebut sebagai hewan peliharaan yang penuh tantangan. Sebab, mereka suka keluar rumah untuk bertemu para kucing betina.

Baca juga: 3 Hal yang Menyebabkan Kucing Jadi Lebih Suka Menyendiri dan Pendiam

 

Mereka juga sangat teritorial dan kerap berkelahi dengan kucing lain untuk memperebutkan betina atau area kekuasaan. Selain itu, kucing jantan juga kerap menyemburkan air kencingnya sebagai penanda wilayah.

Ketika hal ini terjadi dalam ruangan, tentu baunya akan mengganggu dan tidak mudah untuk menoleransi hal itu dengan orang yang tak tahan bau.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.