Kompas.com - 07/12/2021, 17:52 WIB
Ilustrasi bawang putih. PIXABAY/MATTHIAS BOECKELIlustrasi bawang putih.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak makanan segar seperti buah-buahan dan sayuran dapat bertahan lebih lama di kulkas, tetapi hal itu tidak berlaku untuk bawang merah serta bawang putih.

Bawang merah dan bawang putih merupakan genus Allium dan benar-benar tidak menyukai lingkungan dingin. 

Baca juga: 3 Jenis Bawang Putih yang Bisa Ditanam di Rumah dan Langkah Menanamnya

"Bawang merah menyerap lebih banyak kelembapan di kulas sehingga lebih cepat rusak," kata Kristen Farmer Hall, koki eksekutif dan salah satu pemilik Essential and Bandit Patisserie di Birmingham, Alabama, dilansir dari Live Strong, Selasa (7/12/2021). 

Menurut University of California, Amerika Serikat, menyimpan bawang putih di kulkas akan merangsang pertumbuhannya atau bertunas.

Meski bawang putih bertunas tidak berbahaya atau tidak sehat, ini merupakan indikasi bahwa bawang putih telah melewati kualitas puncaknya. 

Baca juga: 6 Manfaat Bawang Merah untuk Berbagai Kebutuhan Rumah Tangga

Cara menyimpan bawang merah dan bawang putih yang masih utuh

Ilustrasi bawang merah. PIXABAY/ELLY DWI PRASETYO Ilustrasi bawang merah.
Menurut National Onion Association, alih-alih memasukkan bawang merah dan bawang putih ke kulkas, sebaiknya menyimpan bawang di tempat sejuk, kering, dan berventilasi baik. 

Kelembapan atau kurangnya pergerakan udara akan mempercepat pembusukan bawang dan sinar matahari akan menyebabkan bawang bertunas.

Berdasarkan Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), ketika disimpan dengan benar, bawang merah utuh memiliki umur simpan yang bagus dan panjang sekitar 30 hari. 

Begitu pun, menurut University of California, bawang putih harus disimpan di tempat sejuk, kering, berventilasi baik. Ini akan bertahan lebih lama dari bawang merah sekitar tiga sampai lima bulan dalam kondisi ini. 

Baca juga: 4 Manfaat Bawang Putih untuk Tanaman dan Cara Mengaplikasikannya 

Cara menyimpan bawang merah kupas 

Ketika memiliki bawang merah yang sudah dikupas, ini harus disimpan berbeda dari cara menyimpan bawang utuh.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.