Kompas.com - 07/12/2021, 16:37 WIB
Ilustrasi beras. FREEPIK/JCOMPIlustrasi beras.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika menyimpan beras di dapur, disarankan untuk meletakkannya di dalam wadah kedap udara untuk melindungi dari berbagai serangga dan hama, salah satunya kutu beras.

Selain itu, membersihkannya juga bisa menjadi solusi untuk menyingkirkan kutu dari beras tersebut.

Akan tetapi, ketika semua langkah pencegahan sederhana itu tidak berdampak baik, dilansir dari Indian Express, Selasa (7/12/2021) ada beragam cara mudah untuk menyingkirkan kutu dari tumpukan beras tersebut, seperti berikut ini. 

Baca juga: Jangan Dibuang, Air Cucian Beras Bisa Jadi Pupuk Tanaman

Ilustrasi beras putih yang bagus. PIXABAY/ WHITE KIM Ilustrasi beras putih yang bagus.

1. Gunakan daun salam atau daun nimba

Ini adalah salah satu solusi terbaik untuk menyingkirkan kutu. Daun salam atau mimba dapat ditempatkan di dalam wadah beras yang longgar untuk menghindari kontaminasi.

Simpan beras dalam wadah kedap udara untuk hasil yang lebih baik.

2. Cengkih

Selain menjadi penambah rasa di berbagai masakan, cengkeh juga dapat membantu melawan serangga untuk menghindari infestasi.

Anda juga bisa menambahkan sedikit minyak cengkeh ke disinfektan yang digunakan untuk membersihkan rak lemari dan area dapur Anda.

Baca juga: 8 Manfaat Beras Selain Dijadikan Nasi

3. Bawang putih

Untuk menghindari kutu di dalam beras, masukkan beberapa siung bawang putih yang belum dikupas ke dalam wadah beras dan kocok rata. Ganti bawang putih setelah mengering.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.