Kompas.com - 07/12/2021, 14:07 WIB
Ilustrasi tanaman hias Aglonema Suksom Jaipong. SHUTTERSTOCK/UNTUNGSUBAGYOIlustrasi tanaman hias Aglonema Suksom Jaipong.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, tanaman hias yang dirawat di rumah juga bisa mengalami stres, termasuk tanaman aglonema.

Stres yang dialami tanaman aglonema tentu menghambat perrtumbuhannya. Tanaman aglonema yang stres dapat dilihat dari tampilannya.

Dikutip dari channel YouTube Hobi Bunga, Selasa (7/12/2021), berikut ciri-ciri tanaman aglonema stres

Baca juga: 4 Tips Mengatasi Anakan Aglonema yang Lambat Tumbuh dan Besar

Daun mudanya mengecil

Ciri-ciri paling umum yang dialami aglonema stres adalah bentuk daun mudanya mengecil dibanding daun sebelumnya. Namun, bukan berarti setiap daun muda yang mengecil itu pasti menandakan aglonema stres.

Terkadang, daun muda yang mengecil bisa karena berbarengan dengan keluarnya bunga atau sedang mengeluarkan banyak tunas.

Selain itu, jarak tumbuh antara daun muda dan calon daun muda selanjutnya berjauhan. Jadi, apabila aglonema mengalami hal demikian, tanaman sedang stres. 

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Putih pada Tanaman Aglonema

Pertumbuhannya sangat lambat

Cara merawat aglonema terbilang mudah. Bagi pemula, tanaman dengan nama ilmiah Aglaonema commutatum ini juga cocok sebagai tanaman pertama karena perawatannya yang rendah dan tidak mudah mati.SHUTTERSTOCK/IWAN WIDIYATNO Cara merawat aglonema terbilang mudah. Bagi pemula, tanaman dengan nama ilmiah Aglaonema commutatum ini juga cocok sebagai tanaman pertama karena perawatannya yang rendah dan tidak mudah mati.
Ciri-ciri aglonema stres selanjutnya adalah pertumbuhannya sangat melambat, terutama pada bagian daun.

Seperti dijelaskan sebelumnya, aglonema yang stres akan menyebabkan jarak tumbuh antara daun muda dan calon daun muda selanjutnya menjadi jauh.

Kalau jarak tumbuh ini lebih dari satu minggu, artinya tanaman aglonema tres karena aglonema yang subur itu normalnya akan memunculkan calon daun muda baru sebelum daun mudanya mekar sempurna. 

Baca juga: Banyak Manfaat, Gunakan Air Kelapa untuk Menyiram Aglonema

Daunnya mudah menguning

Tanaman aglonema yang sedang stres cenderung menyebabkan daunnya mudah menguning. Saat stres, biasanya bagian bawah daun aglonema akan menguning.

Selain itu, ketika daun barunya keluar, bagian bawah daunnya itu biasanya juga akan ikut menguning. 

Baca juga: 5 Tips Penyiraman dan Perawatan Aglonema agar Semakin Subur

Efek dari aglonema yang stres

Apabila aglonema stres dan terus dibiarkan, hal ini lama-kelamaan iaan membuat aglonema menjadi kerdil serta daunnya mengecil. Jadi, daun mudanya akan terus kecil dan tidak subur.

Efek paling berbahaya dari aglonema stres adalah membuat tanaman mati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.