Kompas.com - 06/12/2021, 15:56 WIB
Ilustrasi tanaman hias Aglonema Roxy Pink. SHUTTERSTOCK/K ABEJUELAIlustrasi tanaman hias Aglonema Roxy Pink.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapati pertumbuhan anakan aglonema yang lambat tentu menjadi sebuah hal menjengkelkan bagi setiap pemiliknya.

Anakan aglonema yang lambat besar merupakan sebuah permasalahan yang bisa disebabkan berbagai hal. Namun, ada beberapa solusi untuk mengatasinya sesuai dengan permasalahannya.

Dikutip dari kanal YouTube Hobi Bunga, Minggu (5/12/2021), berikut tips mengatasi anakan aglonema yang lambat tumbuh dan besar. 

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Putih pada Tanaman Aglonema

Periksa kondisi akarnya

Anakan aglonema yang lambat besar biasanya disebabkan oleh akarnya yang masih sedikit. Namun, akar yang sudah tua hingga busuk akar juga menjadi salah satu penyebab anakan aglonema lambat besar.

Untuk itu, perlu membongkar media tanam anakan aglonema untuk memeriksa kondisi akarnya. Pastikan media tanam dibongkar dengan pelan-pelan. 

Baca juga: Banyak Manfaat, Gunakan Air Kelapa untuk Menyiram Aglonema

Jika akar anakan aglonema mengalami busuk atau lonyot,  kamu bisa memotongnya. Namun, apabila akar anakan aglonema berwarna cokelat, bukan putih, hal itu menandakan bahwa akarnya sudah tua.

Akar yang sudah tua tidak akan maksimal dalam menyerap nutrisi yang dibutuhkan anakan aglonema untuk tumbuh besar dan subur.

Untuk anakan aglonema dengan akar yang sudah tua dan masih sedikit, solusinya adalah mengoleskan akarnya dengan rapid root atau perangsang akar. 

Baca juga: Cara Merawat Anakan Aglonema agar Kuat dan Tahan Penyakit

Periksa media tanam

Ilustrasi tanaman hias Aglonema Pink Splash.SHUTTERSTOCK/UNTUNGSUBAGYO Ilustrasi tanaman hias Aglonema Pink Splash.
Jika tidak ada masalah pada akar anakan aglonema yang lambat besar, hal ini bisa disebabkan oleh media tanamnya yang kurang nutrisi.

Untuk masalah ini, tambahkan sedikit pupuk kandang pada media tanam anakan aglonema. Langkah ini bertujuan memberi nutrisi lebih pada media tanam anakan aglonema. 

Baca juga: 5 Tips Penyiraman dan Perawatan Aglonema agar Semakin Subur

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.