Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Cara Mendekorasi Rumah Tua Tanpa Menghilangkan Sisi Vintage

Kompas.com - 07/12/2021, 20:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain interior bukan hanya tentang menciptakan rumah yang terlihat baru dan kekinian, tapi juga melestarikan masa lalu dan menghormati karakter rumah yang lebih tua.

Bila tinggal di rumah atau apartemen yang sudah tua, ada beberapa dekorasi yang dapat dilakukan untuk memperbarui tampilannya.

Seperti dilansir dari Forbes, Selasa (7/12/2021), berikut tips mendekorasi rumah yang sudah tua sambil menampilkan sisi terbaik dari masa lalu. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Mendekorasi Rumah Jelang Natal 

Cat dinding dan plafon 

Ilustrasi ruang keluarga, furnitur di ruang keluargaUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang keluarga, furnitur di ruang keluarga
Untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan pada dinding, cara terbaik adalah mengecatnya. Ganti warna cat dinding dengan warna baru yang lebih cerah. Sebaiknya, mengecat dinding dan plafon dengan warna yang sama.

Sering kali beberapa fitur pertama yang membuat Anda jatuh cinta dengan rumah tua adalah cetakan yang indah, trim, dan detail pintu yang dibangun pada era berbeda. 

Lapisan cat sederhana adalah langkah pertama melestarikan dan menonjolkan detail ini. Cat dinding, trim, dan plafon dengan satu warna, tetapi dengan kilap yang sedikit tinggi pada trim-trim untuk menarik perhatiannya. 

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mendekorasi Rumah Pertama, Apa Saja?

Cat trim dengan warna netral yang kontras

Jika trim masih dalam kondisi bagus dan ingin benar-benar memamerkannya, warna netral yang kontras atau hampir netral (seperti abu-abu biru-hijau) akan membuat tampak menonjol saat diaplikasikan pada setiap ruangan di seluruh rumah.

Menerapkan warna yang sama ke plafon rumah juga membantu menyatukan tampilan dan daya tarik arsitektur yang megah. 

Baca juga: Tiga Cara Mendekorasi Ruangan dengan Bunga

Gunakan kaca patri

Kaca patri merupakan elemen dekorasi dari rumah masa lalu, tapi tetap indah dan masih banyak digunakan pada beberapa rumah modern.

Jika Anda cukup beruntung memiliki jendela kaca patri yang indah, dinding putih sederhana akan menjadikannya sebagai seni dan warna. 

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Rumah yang Ramah untuk Anjing Peliharaan

Gunakan tirai untuk menyembunyikan jendela tua

Ilustrasi tirai horizontal blind berbahan vinil. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tirai horizontal blind berbahan vinil.
Rumah tua sering kali memiliki jendela unik di tempat yang tidak biasa, tetapi dinding penuh gorden bisa menjadi cara sempurna membersihkan tampilan ruangan secara halus tanpa menghapus jendela sepenuhnya dan menghalangi semua cahaya.

Perhatikan bagaimana tepi ruangan di sini terasa lembut dan halus meski jendelanya agak tinggi dan tipis. 

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Ruangan agar Memberikan Suasana Tenang 

Gunakan unit rak yang terbuka

Unit rak terbuka dan lapang adalah cara menambahkan penyimpanan tambahan dan ruang pajangan untuk buku koleksi dan keranjang barang tak terpakai tanpa mengganggu atau menyembunyikan arsitektur asli. 

Ditambah, rak terbuka memiliki pesona seperti galeri tertentu yang cocok dengan rumah tua meski terasa seperti sentuhan modern. 

Baca juga: Cara Mendekorasi Rumah dengan Warna Putih Berdasarkan Feng Shui

Gunakan perabotan kontemporer sederhana

Secara umum, perabotan kontemporer atau modern yang bersih dan sederhana adalah item baik untuk membawa nuansa kehidupan modern ke rumah tradisional. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com