Kompas.com - 02/12/2021, 07:54 WIB
Ilustrasi mendekorasi rumah. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi mendekorasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal menarik saat pindah ke rumah pertama adalah mendekorasinya. Banyak di antara pemilik rumah pertama telah mengantongi berbagai inspirasi dekorasi rumah yang akan diterapkan di huniannya.

Inspirasi dekorasi rumah dapat diperoleh dari banyak hal, misal dari website atau laman, hingga media sosial seperti Instagram atau Pinterest.

"Hal yang baik untuk memulai bagi saya adalah rumah itu sendiri. Inspirasi pertama saya ambil dari bentuk ruangan, posisi jendela, arah cahaya, angin, dan sebagainya,” ujar Manmeet Arora dari loc design house, seperti dikutip dari Architectural Digest India, Kamis (2/12/2021).

Baca juga: Nyaman dan Teduh, 7 Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Warna Hijau

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendekorasi rumah pertama menurut para desainer interior.

Ilustrasi furnitur bernuansa retro.SHUTTERSTOCK/Photographee.eu Ilustrasi furnitur bernuansa retro.

1. Furnitur

Furnitur apa yang harus dibeli dan apa yang dapat disewa? Itu adalah pertanyaan yang banyak diajukan pada diri sendiri oleh pemilik rumah, khususnya generasi milenial.

“Beli furnitur yang berkualitas baik dan lihat bagaimana semua bagian bekerja sama. Anda perlu memahami gaya Anda dan mulai mengidentifikasi furnitur yang sesuai dengan itu sehingga tidak membeli apa pun yang menarik perhatian Anda," jelas Preeti Knowles dari The Hidden Gallery.

Selain itu, menurut Knowles, sebaiknya tidak menggunakan furnitur yang trennya mudah berganti. Sebab, furnitur bukanlah hal yang bisa Anda ganti sesering mungkin.

"Jadi, pastikan furnitur itu tahan uji waktu dalam penampilan dan kualitas. Jika Anda memiliki beberapa furnitur berkualitas yang mungkin warisan atau sudah Anda miliki, maka lihatlah untuk memperbarui furnitur ini karena ini adalah pendekatan yang ramah lingkungan,” jelas Knowles.

Baca juga: 4 Tips Memaksimalkan Dekorasi Ruang Keluarga

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.