Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Bawang Putih yang Bisa Ditanam di Rumah dan Langkah Menanamnya

Kompas.com - 05/12/2021, 21:38 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Gardeners

JAKARTA, KOMPAS.com - Bawang putih adalah salah satu tanaman herbal termudah yang bisa ditanam di rumah. Di sebagian besar wilayah negara di Amerika Serikat, bawang putih ditanam pada musim gugur. 

Pada saat itu, banyak tanaman musim panas telah dipanen, menyisakan beberapa ruang di kebun. Untuk di Indonesia, bawang putih sebaiknya ditanam pada akhir musim hujan atau awal musim kemarau. 

Baca juga: 4 Manfaat Bawang Putih untuk Tanaman dan Cara Mengaplikasikannya

Namun, saat menanam bawang putih, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jika menanam kembali bawang putih dari stok yang ada di kebun Anda sendiri, pilihlah bawang putih terbesar dan terbaik dari panen musim panas.

Namun, bila membeli, carilah bawang putih yang dijual khusus untuk ditanam. Bawang putih dari bagian produk di supermarket mungkin telah diobati dengan penghambat kecambah untuk mencegahnya tumbuh. 

Melansir dari Gardeners, Minggu (5/12/2021), berikut beberapa jenis bawang putih yang bisa ditanam di rumah dan langkah menanamnya. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menanam Bawang Putih Indoor 

Bawang putih hardneck

Ilustrasi bawang putih. PIXABAY/MATTHIAS BOECKEL Ilustrasi bawang putih.
Varietas bawang putih leher keras atau hardneck menghasilkan batang kaku yang tumbuh di tengah umbi.

Dibanding varietas bawang putih lainnya, bawang putih hardneck cenderung memiliki rasa lebih tajam dengan variasi rasa yang lebih banyak antarvarietas.

Bawang putih ini juga lebih keras sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk daerah dengan musim dingin yang sangat dingin. Setelah dipanen, umbi memiliki umur simpan yang lebih pendek daripada varietas softneck. 

Baca juga: Cara Menyimpan Bawang Putih di Dapur agar Tak Busuk

Bawang putih softneck

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih mungkin dapat menjadi alternatif praktis dan murah ketika kita punya masalah jerawat yang mengganggu.PIXABAY/ANRITA1705 Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih mungkin dapat menjadi alternatif praktis dan murah ketika kita punya masalah jerawat yang mengganggu.
Varietas bawang putih leher lunak atau softneck tidak menghasilkan batang tengah yang kaku. Ini daftar jenis bawang putih yang akan ditemukan di sebagian besar supermarket.

Bawang putih softneck memiliki rasa relatif ringan. Bawang putih ini adalah pilihan terbaik untuk daerah dengan musim dingin yang sejuk dan ini adalah jenis yang tumbuh jika ingin membuat kepang bawang putih.

Bawang putih gajah

Bawang putih gajah menyerupai kepala bawang putih raksasa dan termasuk dalam genus yang sama, Allium. Namun, itu bukan bawang putih "sungguhan", melainkan lebih terkait erat dengan daun bawang

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Nabati dari Tembakau dan Bawang Putih 

Langkah menanam bawang putih

1. Rencanakan menanam bawang putih pada musim gugur atau awal musim kemarau sekitar empat hingga enam minggu sebelum tanah membeku.

2. Persiapkan tanah dengan melonggarkannya hingga kedalaman minimal 80 sentimeter dan campurkan beberapa pupuk organik granular lepas lambat.

3. Sesaat sebelum menanam bawang putih, pisahkan kepala bawang putih menjadi beberapa siung, sisakan sebanyak mungkin lapisan tipis pada setiap siung utuh. 

Baca juga: Atasi Aglonema Layu dengan Larutan Bawang Merah dan Bawang Putih

4. Tanam bawang putih sedalam 30-40 sentimeter, lalu arahkan agar ujungnya yang runcing menghadap ke atas.

5. Siram perlahan untuk mengendapkan tanah, lalu tutupi bedengan dengan lapisan jerami berukuran 40-60 sentimeter.

Bahkan, saat suhu udara turun, tanah akan tetap cukup hangat agar bawang putih yang baru ditanam dapat berakar sebelum tanah membeku. 

Baca juga: Manfaat Bawang Putih untuk Aglonema dan Cara Pengaplikasiannya

Terkadang Anda akan melihat beberapa tunas hijau mulai terbentuk pada musim gugur. Ini menandakan hal bagus dan tidak akan membahayakan tanaman.

6. Tanaman bawang putih akan mulai tumbuh dengan sungguh-sungguh pada musim semi. Pada musim semi dan musim panas berikutnya, jaga agar area penanaman bawang putih tetap disiangi dan disiram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com