Kompas.com - 05/12/2021, 18:45 WIB
Ilustrasi tanaman bunga mawar. FREEPIK/WIRESTOCKIlustrasi tanaman bunga mawar.

JAKARTA, KOMPAS.com- Meskipun populer sebagai bunga potong untuk buket dan penghias interior rumah, banyak juga yang menanam bunga mawar karena keindahan bunga dan aromanya yang harum.

Untuk mendapatkan bunga mawar yang rimbun dengan kelopak yang mekar sempurna tentu kamu perlu melakukan perawatan pada tanaman ini.

Perawatan yang tidak rutin dapat menyebabkan mawar terserang hama seperti kutu putih, ulat daun dan masalah pada bunga maupun daun.

Masalah yang umum terjadi pada daun tanaman mawar adalah timbulnya bercak pada daun, daun yang bolong dan juga menguning.

Melansir dari The Practical Planter, Minggu (5/12/2021), berikut adalah penyebab umum yang membuat daun pada tanaman mawar menguning.

Baca juga: 4 Manfaat Menanam Bunga Mawar di Taman Rumah

Daun terbakar karena kelebihan pupuk

Salah satu penyebab daun bunga mawar kuning adalah kesalahan dalam pemberian pupuk. Ini bisa terjadi jika pupuk cair tidak diencerkan dengan tepat dan juga terlalu banyak memberi pupuk pada tanaman mawar. Hal ini dapat membuat tanaman menjadi panas karena terdapat kelebihan nutrisi pada tanah.

Agar aman pilihlah pupuk organik untuk tanah seperti kompos, leaf mold dan bone meal. Untuk menyelamatkan tanaman mawar yang berdaun kuning, sebaiknya pangkas daun dan sirami secara menyeluruh selama beberapa minggu. Dengan begitu kelebihan nutrisi akan larut bersama air.

Baca juga: 3 Permasalahan Umum yang Dialami Tanaman Bunga Mawar

Kekurangan nitrogen

Tanaman mawar akan stress ketika tidak mendapatkan cukup nutrisi dari tanah. Salah satu kekurangan nutrisi yang terjadi pada bunga mawar adalah kurangnya nitrogen, ini menjadi penyebab daun mawar menguning.

Tanah yang tinggi pasir dan rendah bahan organik tidak menahan air, sehingga tanaman berjuang untuk mengambil nutrisi yang larut dalam air, seperti nitrogen.

Sebaiknya beri pupuk organik seperti kompos, cacing, bone meal dan leaf mold pada tanah yang berpasir dan kurang nutrisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.