Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyimpan Bawang Putih di Dapur agar Tak Busuk

Kompas.com - 01/11/2021, 07:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bawang putih adalah salah satu bumbu penting yang wajib ada di dapur. Dalam hal menyimpan bawang putih di dapur, Anda perlu memperhatikan dengan cermat agar tidak busuk.

Dilansir dari Martha Stewart, Senin (1/11/2021), ketika menyimpan bawang putih di dapur, yang penting adalah memerikan udara dan ruang yang dibutuhkannya.

Hal pertama yang perlu Anda ingat tentang menyimpan bawang putih adalah menyimpannya dengan baik saat disimpan bersama bumbu dapur yang lain.

Baca juga: Atasi Aglonema Layu dengan Larutan Bawang Merah dan Bawang Putih

Tahan godaan untuk melepaskan siung bawang putih dari umbinya sampai Anda siap menggunakannya. Biarkan bersama-sama, ditutupi dengan kulitnya. Bawang putih akan tetap segar lebih lama dengan cara in, bahkan dapat bertahan hingga enam bulan.

Untuk menanam bawang putih, cari umbi yang mulus dan bebas dari kerusakan hama.Unsplash/Gaelle Marcel Untuk menanam bawang putih, cari umbi yang mulus dan bebas dari kerusakan hama.

Selain itu, jangan terlalu khawatir tentang wadah apa yang Anda gunakan untuk menyimpan bawang putih.

Wadah terakota atau keramik yang dirancang khusus untuk penyimpanan bawang putih memang bagus, begitu juga kantong kertas atau jaring, keranjang kawat, atau bahkan hanya mangkuk sederhana.

Tujuannya adalah untuk mendorong sirkulasi udara tetap kering. Itulah sebabnya jangan menggunakan kantong plastik untuk menyimpan bawang putih karena dapat menahan kelembapan.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Nabati dari Tembakau dan Bawang Putih

Terakhir, simpan bawang putih di tempat yang gelap dan sejuk. Dapur adalah tempat yang baik, selama Anda menjauhkan bawang putih dari kentang. Sebab, bawang putih, bawang merah, dan allium lainnya mengeluarkan gas yang dapat mempercepat pertumbuhan kentang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com