Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2021, 07:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah mertua adalah salah satu tanaman hias yang sudah lama dikenal masyarakat. Salah satu jenis tanaman lidah mertua yang juga memiliki penampilan unik adalah Sansevieria kirkii silver blue atau tanaman kirkii silver blue.

Dilansir dari Epic Gardening, Senin (1/11/2021), tanaman ini adalah jenis nyaman hias yang menarik. Tanaman kirkii silver blue berasal dari Afrika Timur, khususnya Tanzania.

Tanaman ini memiliki ciri khas berupa daun tegak, kokoh, dan berbentuk tombak dengan tepi cokelat dan kuning bergelombang dan bergelombang dan ujung runcing. Tanaman ini berbunga warna putih kehijauan yang lumbuh berkelompok di tepi lancip daunnya.

Baca juga: Tanaman Hias Berbau Busuk? Ini Penyebabnya

Dari aspek varietas, sansevieria kirkii silver blue adalah varietas tercantik dengan gaya terbanyak. Tanaman ini memiliki daun biru perak yang indah dan tebal yang memiliki pola garis-garis sudut gelap.

Tanaman kirkii silver blue adalah tanaman acaulescent, yaitu tidak memiliki batang yang terlihat di atas permukaan tanah.

Tanaman ini ini mudah tumbuh tetapi lambat, toleran terhadap berbagai kondisi pertumbuhan. Dibutuhkan beberapa tahun untuk matang dan membentuk offset, yakni tanaman anak identik yang tumbuh di tubuh induknya.

Jika Anda ingin mengoleksi tanaman ini sebagai tanaman hias, berikut cara merawat tanaman kirkii silver blue.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Ini Tidak Butuh Cahaya Matahari Langsung, Apa Saja?

1. Suhu dan pencahayaan

Tanaman sukulen ini tumbuh paling baik di bawah sinar matahari sedang atau sedikit tersaring. Cahaya terang dan tidak langsung akan memunculkan warna pada daun.

Pastikan tanaman tidak terkena sinar matahari penuh karena akan merusak daun dan membuat daun menguning. Meskipun dapat bertahan hidup di tempat teduh, namun lokasi ini tidak disarankan.

Pastikan untuk menempatkan tanaman kirkii silver blue di lingkungan dengan suhu mulai dari 15 hingga 22 derajat celcius.

Tanaman ini juga dapat bertahan dalam suhu serendah 10 derajat celcius, tetapi itu bukan suhu yang ideal untuk jangka panjang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com