Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Membersihkan Kulkas Menurut Ahli

Kompas.com - 03/11/2021, 15:30 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kulkas adalah salah satu bagian terpenting di rumah. Tak hanya untuk penyimpanan makanan berupa daging, buah, dan sayuran, kulkas juga digunakan untuk mendinginkan berbagai minuman hingga mengawetkan bermacam jenis makanan.

Oleh sebab itu, kebersihan kulkas adalah hal yang penting. Tentu Anda dan keluarga tidak ingin sakit perut karena memakan makanan atau minuman dari kulkas yang jarang dibersihkan. Meski begitu, membersihkan kulkas tak boleh asal-asalan.

Berikut adalah tujuh hal yang tidak boleh Anda lakukan saat membersihkan kulkas, menurut Angela Bell, ahli kebersihan di Grove Collaborative melansir dari The Kitchn pada Rabu (03/11/2021).

Baca juga: Ragam Cara agar Pemakaian Kulkas Hemat Listrik

Jangan menunda

Seperti halnya pekerjaan bersih-bersih lainnya, semakin lama Anda menunda pekerjaan, maka kotoran yang dibersihkan akan semakin sulit dihilangkan.

Jika Anda menumpahkan sesuatu di lemari es, segera bersihkan untuk menghindari makanan yang lengket.

“Kondisi dingin dapat membuat tumpahan apa pun cepat kering dan membuatnya jauh lebih sulit daripada menyeka saat ini,” kata Bell, yang menyarankan tisu pembersih dapur khusus untuk membersihkan tempat kulkas.

Baca juga: Kenali, 6 Tanda Kulkas Harus Diganti

Jangan lewatkan pembersihan mendalam

Karena lemari es dapat menjadi sarang jaur dan bakteri, Bell mengatakan untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Frekuensi pembersihan mendalam ini tergantung pada kebiasaan Anda. Jika Anda adalah seseorang yang dengan cermat membersihkan makanan atau bumbu-bumbu yang sudah kadaluarsa, maka Anda bisa membersihkan kulkas secara mendalam setiap 3 bulan sekali.

Jika Anda memiliki keluarga besar, banyak memasak, atau cenderung melupakan sesuatu di kulkas hingga basi, maka sebulan sekali adalah waktu yang ideal.

Baca juga: Kulkas Bau? Atasi dengan Ekstrak Vanila

Jangan biarkan barang kadaluarsa di dalam kulkas

Selama pembersihan mendalam triwulanan atau bulanan, luangkan waktu sejenak untuk memeriksa tanggal kadaluarsa pada bumbu atau makanan kaleng apa pun untuk memastikan Anda menjaga semuanya tetap segar.

Untuk barang-barang yang Anda kembalikan ke lemari es, Bell menyarankan untuk menyekanya terlebih dahulu. Pastikan untuk membersihkan bagian bawah, samping, dan di sekitar tutupnya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Durian di Dalam Kulkas

Jangan gunakan pembersih yang keras

Ilustrasi membersihkan kulkas.FREEPIK Ilustrasi membersihkan kulkas.

Karena makanan Anda akan kembali ke dalam kulkas setelah dibersihkan, maka pembersih berbahan ringan adalah pilihan terbaik dan aman untuk menjaga kualitas makanan.

Sabun cuci piring yang lembut dan spons penyerap yang baik biasanya cukup untuk membersihkan sebagian besar kotoran di kulkas dan Anda dapat menggunakan sikat untuk noda membandel.

Baca juga: 5 Permasalahan yang Sering Terjadi pada Kulkas dan Cara Mengatasinya

Jangan gunakan pemutih

Bertentangan dengan tren media sosial, Bell mengatakan bukan ide yang baik untuk membersihkan bagian dalam lemari es Anda dengan pemutih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com