Kompas.com - 20/10/2021, 22:52 WIB
Ilustrasi durian shutterstock.com/topnatthaponIlustrasi durian

JAKARTA, KOMPAS.com - Durian merupakan buah yanga memiliki aroma yang kuat dan menyengat. Aroma ini membuat beberapa orang tidak menyukainya, bahkan bisa membuat mual hingga muntah. 

Bau durian semakin menyengat bila menyimpan durian ke dalam kulkas. Ditambah, aroma  durian bisa mempengaruhi semua bahan makanan yang disimpan di kulkas.

Untuk mengatasinya, berikut cara menghilangkan bau durian di dalam kulkas dilansir dari beberapa sumber, Rabu (20/10/2021). 

Baca juga: 5 Permasalahan yang Sering Terjadi pada Kulkas dan Cara Mengatasinya

Masukkan baking soda ke kulkas

Sering digunakan untuk mengembangkan kue dan roti, baking soda juga efektif  menghilangkan bau, termasuk bau durian

Caranya, masukkan baking soda kue ke kulkas. Dalam beberapa menit, kandungan natrium bikarbonat pada baking soda dapat menetralkan semua bau yang ada di dalam kulkas.

Sebagi pengingat, sebaiknya masukkan juga sekotak baking soda di dalam kulkas saat menyimpan durian ke kulkas demi menghindari bau yang menyengat. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Kelebihan Kulkas Side by Side, Kapasitas Besar Hingga Fitur Canggih

Masukkan lemon

Didihkan lemon untuk membantu menghilangkan noda gosong pada panci.PIXABAY/MIRA COSIC Didihkan lemon untuk membantu menghilangkan noda gosong pada panci.
Lemon juga bisa membantu menghilangkan bau durian di dalam kulkas. Cukup potong-potong lemon berukuran besar, lalu letakkan irisan lemon berserta kulitnya ke dalam kulkas.

Aroma segar dan kuat dari lemon akan menetralisir bau durian di dalam kulkas. Selain lemon, kamu bisa manfaatkan buah citrus lain seperti jeruk, jeruk nipis, dan jeruk limau gedang untuk menghilangkan bau durian. 

Baca juga: 7 Penyebab Makanan di Dalam Kulkas Rusak hingga Busuk

Manfaatkan arang

Supaya bau durian di dalam kulkas bisa terserap lebih cepat, kamu dapat memanfaatkan arang kayu yang dimemarkan atau arang bambu karbonaktif.

Cukup masukkan arang ke wadah dan letakkan di beberapa rak kulkas untuk menghilangkan bau durian dengan cepat. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.