Kompas.com - 20/10/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi kucing Unsplash/Paul HanaokaIlustrasi kucing

JAKARTA, KOMPAS.com- Walaupun kucing peliharaan adalah sahabat atau keluarga yang kamu sayangi, tapi mereka juga bisa jadi penyebab rumah bau, kotor, bahkan membawa parasit dan penyakit seperti kutu serta kuman.

Bulu-bulu kucing yang berjatuhan, noda urin di karpet atau sudut-sudut ruangan, kotoran, adalah sejumlah masalah yang dihadapi para pemilik kucing.

Namun, jangan biarkan hal ini menyurutkan tekadmu untuk tetap memelihara kucingmu. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar rumahmu tetap bersih meski memelihara kucing di dalam ruangan. Melansir dari The Spurce pada Rabu (20/10/2021) ikut tips berikut ini.

Baca juga: 5 Alasan Kucing Suka Duduk di Pangkuan Pemiliknya

Mengatasi bulu rontok

Jika kamu memiliki anjing, kucing, kelinci, atau hewan peliharaan berbulu lainnya, bulu yang rontok bisa jadi tanggung jawab yang paling besar untukmu.

Agar tak membahayakan untuk pernapasan dan rumah tetap bersih, berikut ini sejumlah hal yang bisa dilakukan agar rumah terbebas dari bulu-bulu rontok kucing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ciri-ciri Kucing Susah Buang Air Kecil dan Penyebabnya

1. Gunakan penyedot debu

Penyedot debu mampu mengangkat bulu hewan peliharaan secara efektif. Penyedot debu haruslah memiliki daya hisap yang kuat, bekerja dengan baik di semua permukaan dan tidak mudah tersumbat oleh bulu berlebih.

Pilih penyedot debu dengan filter terbaik dan mudah dikosongkan ketika penuh. Selain itu, pastikan penyedot debu milikmu dapat menjangkau area-area yang sulit dibersihkan dengan tangan.

Tak kalah penting, idealnya, suara penyedot debu harus setenang mungkin untuk meminimalkan stres untuk hewan peliharaan.

Baca juga: Apakah Induk Kucing Merindukan Anaknya?

2. Perawatan secara teratur

Meskipun benar bahwa tidak ada perawatan yang sepenuhnya dapat mencegah kerontokan, tapi dengan rajin merawat kucing peliharaan dapat membuat perbedaan besar, dan juga membantu menjaga kesehatan bulu dan kulit.

Ada banyak alat perawatan yang dirancang khusus untuk shedding, dan salah satu yang paling populer adalah Furminator.

Baca juga: 6 Masalah Kulit pada Kucing yang Tidak Boleh Diabaikan

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.