Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2021, 20:03 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi alat elektronik yang diandalkan dalam menyimpan banyak jenis makanan agar lebih awet, kulkas juga memiliki jangka waktu pemakaian.

Ketika kulkas melewati masa pemakaian tersebut, biasanya cara kerja kulkas menjadi kurang efektif dan dapat membuat tagihan listrik semakin meningkat. 

Baca juga: Cara Membersihkan Jamur Dalam Kulkas

Untuk itu, penting mengetahui potensi masalah yang dialami kulkas sejak dini agar bisa memperbaikinya lebih awal. Lantas, apa saja tanda kulkas mengalami kerusakan?

Melansir dari Reader's Digest, Jumat (1/10/2021), berikut ini tujuh tanda kulkas rusak atau sudah tidak bekerja efektif. 

Baca juga: 5 Dampak Buruk Menyimpan Makanan Panas ke Dalam Kulkas 

Makanan rusak sebelum tanggal kedaluwarsa

Jika makanan tampaknya mengalami kerusakan lebih cepat dari biasanya, itu bisa menjadi tanda kulkas rusak. Untuk mengatasinya, periksa pengaturan suhu kulkas. 

Menurut Ron Shimek, presiden Mr. Appliance, sebuah perusahaan Neighbourly, suhu di dalam kulkas harus berada antara 2,7 dan 5 derajat Celsius.

Jika suhu dalam kisaran normal, tetapi Anda masih mengalami masalah, langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah segel pintu kulkas sudah kencang.  

Baca juga: Simak, Ini yang Harus Diketahui Tentang Laci di Dalam Kulkas

Segel menjaga udara sejuk dan mencegah udara hangat. Menjaga segel tetap bersih dapat mencegah kerusakan," katanya. 

Karen itu, segera mengganti segel pintu kulkas dengan yang baru. Menggantinya jauh lebih mudah dan lebih murah daripada mengganti seluruh unit.  

Baca juga: Cara Menjaga Makanan Tetap Segar dan Tahan Lama Saat Kulkas Mati

Freezer terlalu dingin

Menurut FDA, suhu freezer harus tepat berada pada nol derajat. Jadi, jika freezer terasa lebih dari sekadar membeku, itu bisa menjadi tanda kulkas rusak.

Frezer lama sangat rentan terhadap penumpukan es. Jika  mengalami masalah ini, pertama-tama periksa segel pintu yang retak yang memungkinkan udara hangat dan lembap masuk," ucap Shimek.

“Hal ini adalah penyebab umum embun beku di dalam freezer. Namun, bila itu bukan masalahnya, mungkin ada yang salah dengan sensor pencairan es dan segera hubungi teknisi. 

Baca juga: Mengapa Semua Makanan di Dalam Kulkas Membeku? Penyebab dan Solusinya 

Kulkas berbunyi

Dari semua peralatan rumah tangga, kulkas cenderung mengeluarkan suara yang bising.

Namun, jika Anda tidak memperhatikan suara tersebut selama bertahun-tahun dan tiba-tiba mulai mendengarnya, ini bisa menjadi tanda kulkas rusak. 

Bagian belakang kulkas terasa panas

Bagian belakang kulkas harus terasa lebih hangat daripada bagian depan karena di situlah letak motor. Namun, bila bagian itu terasa panas saat disentuh, itu bisa menjadi tanda kulkas rusak. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com