Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Bisnis dari Pembungkus Hadiah Sangat Potensial

Kompas.com - 20/10/2021, 17:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Membungkus kado atau hadiah adalah kegiatan yang kerap dilakukan di rumah. Tidak jarang, pemilik rumah memiliki persediaan kertas kado dan atribut hadiah lainnya yang disimpan dengan rapi.

Secara garis besar, industri pembungkus kado pun merupakan bisnis yang menjanjikan pula. Nilai pasar dari kertas pembungkus kado secara global pun masih terus bertumbuh.

Grand View Research menyebutkan, memberi hadiah dianggap sebagai cara untuk mengungkapkan rasa terima kasih atau penghargaan. Akibatnya, kebiasaan memberi hadiah telah berkembang selama bertahun-tahun.

Baca juga: Ide Hadiah untuk Seseorang yang Baru Pindah Rumah

Bertukar hadiah tidak terbatas pada festival atau musim liburan seperti Thanksgiving dan Natal.
Orang-orang memberikan hadiah pada berbagai kesempatan seperti ulang tahun, pesta rumah, pesta kelulusan, dan pesta perpisahan.

Karena produk pembungkus kado dianggap meningkatkan nilai estetika produk secara keseluruhan, peningkatan acara pemberian hadiah diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pasar.

“Potensi pasar ekspor gift wrapping paper sangat besar. Info yang kami peroleh, nilainya mencapai sekitar 15 miliar dollar AS per tahun,” ujar Theresia O Sutaman, managing director PT Cermai Makmur Abadi Internasional (Cermai Makmur), dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (20/10/2021).

Cermai Makmur merupakan salah satu pemain ekspor kertas pembungkus kado. Perusahaan yang berdiri sejak 28 tahun lalu itu membidik dua pasar utama, yakni Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Baca juga: 5 Pilihan Hadiah Natal dan Tahun Baru dari IKEA

“Pemain besar bisnis gift wrapping paper adalah perusahaan-perusahaan global, sekalipun demikian kita mampu bersaing. Perusahaan Indonesia dapat berkecimpung asal kompetitif dan mampu menciptakan buyer di pasar besar dunia,” papar Theresia.

Dia menambahkan, pihaknya memproduksi produk pembungkus kado, seperti kertas kado, boks atau kotak hadiah, tas untuk hadiah, kertas tisu print, serta kartu ucapan.

“Di samping itu, kami juga memproduksi party decorations juga seperti untuk ulang tahun (birthday), graduation (wisuda), weddings (pernikahan), dan Valentine,” ujar Theresia.

Mengutip data Grand View Research, nilai produk pembungkus kado global mencapai 15,1 miliar dollar AS pada 2018. Inovasi produk dalam pembungkus kado merupakan faktor utama yang berkontribusi terhadap pertumbuhan industri ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com