Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2021, 14:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman memiliki peranan sangat penting bagi kehidupan manusia dan hewan karena menyediakan oksigen serta mengambil karbon dioksida.

Di dalam rumah, tanaman tidak hanya membantu membersihkan udara, tapi juga meningkatkan keindahan, daya tarik, serta suasana hati. 

Baca juga: 7 Trik Mendesain Kamar Tidur Anak yang Tak Lekang oleh Waktu

Tak heran, membuat tanaman bisa diletakkan di ruang mana pun di rumah, termasuk kamar tidur anak

Namun, sebelum meletakannya, ada banyak faktor yang dapat membantu mempengaruhi umur tanaman dan sikap anak terhadap tanaman, termasuk kemudahan menanam serta keamanan tanaman seperti tidak mengandung racun juga risiko bahaya bagi anak.

Melansir dari My Decorative, Rabu (3/11/2021), berikut lima tanaman terbaik yang bisa diletakkan di kamar tidur anak. 

Baca juga: 8 Rekomendasi Warna Cat untuk Kamar Tidur Anak yang Menenangkan 

Violet

Salah satu tanaman rumah terbaik untuk kamar anak adalah tanaman bunga violet. Bunga ini memiliki aroma yang harum, yang membantu menyegarkan udara dan tidak beracun jika tertelan anak-anak.

Ada begitu banyak varietas bunga violet. Tanaman ini tumbuh liar, terutama di daerah yang lebih dingin serta mudah tumbuh dan dirawat.

Anda bisa mendapatkan berbagai violet, termasuk violet berbunga tunggal atau ganda, berbentuk bintang, dan violet dengan tepi berkerut atau berumbai. 

Baca juga: 5 Langkah Memberikan Keamanan di Dalam Kamar Anak

Bunga matahari

Ilustrasi bunga matahariUnsplash/David Wirzba Ilustrasi bunga matahari
Bunga matahari adalah tanaman rumah luar biasa untuk tumbuh kembang anak-anak. Bunga matahari tumbuh cepat dan memiliki bunga yang sangat besar. 

Jika ingin menanam bunga matahari di kamar anak, pastikan mempunyai cukup ruang untuk tumbuh. Tanaman bunga matahari tumbuh sangat cepat dan Anda perlu mengukur ukuran tangkainya setiap minggu. 

Selain besar, berwarna-warni, dan indah, tanaman bunga matahari adalah bunga yang bagus untuk kamar tidur anak karena dapat digunakan untuk mengasah kreativitas anak.

Setelah tumbuh, benih dari tanaman bunga matahari bia dijadikan bahan seni dan kerajinan tangan.  

Baca juga: Simak, Cara Dekorasi Kamar Anak Menurut Feng Shui 

Catnip

Catnip adalah tanaman yang berasal dari Eropa dan Asia dan memiliki nama latin Napeta cataria. Penelitian menunjukkan bahwa kucing besar dan kecil menyukai tanaman dari keluarga mint ini.PIXABAY/R E BECK Catnip adalah tanaman yang berasal dari Eropa dan Asia dan memiliki nama latin Napeta cataria. Penelitian menunjukkan bahwa kucing besar dan kecil menyukai tanaman dari keluarga mint ini.
Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum mendapatkan tanaman untuk kamar tidur anak. Tanaman harus memberikan kepuasan sensorik kepada anak melalui hidung atau matanya.

Catnip atau Nepeta cataria memiliki aroma yang harum dan indah dan menyenangkan. Catnip dapat tumbuh hingga 91 sentimeter dan jika tidak dirawat dengan baik dan dipangkas, bisa menjadi seperti rumput liar.

Karena pola pertumbuhannya, catnip bisa menjadi proyek seni untuk kamar tidur anak sehingga anak dapat tumbuh secara kreatif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com