Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Trik Mendesain Kamar Tidur Anak yang Tak Lekang oleh Waktu

Kompas.com - 18/10/2021, 20:39 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang tua tentu ingin memberikan lingkungan terbaik untuk tumbuh dan kembang sang anak. Salah satunya, menciptakan kamar tidur yang nyaman dan mendukung anak.

Kamar tidur anak memainkan peran penting dalam tumbuh kembang si kecil. Itulah sebabnya mendesain kamar tidur anak adalah tugas penting yang akan membantu membentuk kebiasaan dan kepribadian anak.  

Baca juga: 8 Rekomendasi Warna Cat untuk Kamar Tidur Anak yang Menenangkan

Kamar tidur harus menjadi cerminan kepribadian anak, tetapi juga cukup fleksibel serta fungsional karena selera dan rutinitas si buah hati akan berubah sepanjang tahun. 

Melansir dari Home and Decor, Senin (18/10/2021), berikut ini trik mendesain kamar tidur anak yang tak lekang oleh waktu dan mendukung perkembangan anak. 

Baca juga: 6 Ide Menghadirkan Warna Kuning di Kamar Tidur 

Rancang kebiasaan yang ingin Anda dorong 

Ilustrasi kamar AnakPhotographee.eu Ilustrasi kamar Anak
Atur kamar tidur anak sesuai dengan rutinitas dan kebiasaan anaks sehingga memudahkannya.

Jika ingin mendorong anak untuk membaca, misalnya, pasang sudut yang nyaman untuk mereka meringkuk, di samping rak buku yang mudah dijangkau.

Demikian juga, jika Anda mengajari mereka pentingnya menjaga diri tetap bersih dan rapi, area perawatan kecil dan rak pakaian setinggi anak akan mendorong mereka memilih pakaian sendiri dan bangga dengan penampilan mereka. 

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Kamar Tidur Anak agar Menarik dan Berkesan 

Pilih wallpaper atau stiker vinil 

Ingin menghias kamar tidur anak-anak dengan figur kartun lucu? Pertimbangkan  menggunakan wallpaper atau stiker vinil daripada mural yang dicat sehingga akan lebih mudah untuk membuat perubahan tanpa harus mengecat atau mengulang ruangan.

Bisa pula mempersembahkan dinding galeri untuk memajang karya seni dan kartun favorit mereka dalam bingkai sehingga anak dapat ditukar saat selera mereka berubah. 

Baca juga: 9 Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur Anak yang Harus Dihindari 

Libatkan anak-anak dalam proses desain

Anak Anda juga harus memiliki pendapat tentang seperti apa kamar tidur mereka. Anak senang terlibat dan Anda akan merasakan apa yang mereka sukai sehingga memudahkan  menciptakan ruang yang sempurna bagi anak. 

Libatkan anak dengan mendekorasi kamar tidur mereka dengan membuat daftar hal-hal yang disukai, lalu pergi berbelanja bersama untuk karya seni atau barang-barang furnitur

Baca juga: 5 Ide Desain Kamar Tidur Anak yang Bisa Menjadi Inspirasi

Pilih palet warna yang akan tumbuh bersama anak

Menemukan palet warna yang sempurna untuk kamar anak bisa menjadi tugas yang rumit  terlalu banyak warna yang cantik untuk dipilih.

Mulailah dengan warna favorit anak, lalu lihat variasi saturasi dan intensitasnya. Mana yang paling mungkin bertahan dalam ujian waktu saat anak tumbuh remaja?

Lavender lembut atau ungu dusty, misalnya, dapat bekerja lebih baik daripada ungu cerah. Padukan warna utama dengan warna netral seperti cokelat, abu-abu, dan putih, yang akan cocok dengan sebagian besar furnitur. 

Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Kamar Tidur Anak Perempuan untuk Semua Usia 

Jaga privasi anak

Ada kalanya anak mungkin ingin menyendiri atau menghindari gangguan seperti cahaya dan kebisingan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com