Kompas.com - 18/10/2021, 20:39 WIB
Ilustrasi kamar tidur anak Unsplash/Collov Home DesignIlustrasi kamar tidur anak

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang tua tentu ingin memberikan lingkungan terbaik untuk tumbuh dan kembang sang anak. Salah satunya, menciptakan kamar tidur yang nyaman dan mendukung anak.

Kamar tidur anak memainkan peran penting dalam tumbuh kembang si kecil. Itulah sebabnya mendesain kamar tidur anak adalah tugas penting yang akan membantu membentuk kebiasaan dan kepribadian anak.  

Baca juga: 8 Rekomendasi Warna Cat untuk Kamar Tidur Anak yang Menenangkan

Kamar tidur harus menjadi cerminan kepribadian anak, tetapi juga cukup fleksibel serta fungsional karena selera dan rutinitas si buah hati akan berubah sepanjang tahun. 

Melansir dari Home and Decor, Senin (18/10/2021), berikut ini trik mendesain kamar tidur anak yang tak lekang oleh waktu dan mendukung perkembangan anak. 

Baca juga: 6 Ide Menghadirkan Warna Kuning di Kamar Tidur 

Rancang kebiasaan yang ingin Anda dorong 

Ilustrasi kamar AnakPhotographee.eu Ilustrasi kamar Anak
Atur kamar tidur anak sesuai dengan rutinitas dan kebiasaan anaks sehingga memudahkannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika ingin mendorong anak untuk membaca, misalnya, pasang sudut yang nyaman untuk mereka meringkuk, di samping rak buku yang mudah dijangkau.

Demikian juga, jika Anda mengajari mereka pentingnya menjaga diri tetap bersih dan rapi, area perawatan kecil dan rak pakaian setinggi anak akan mendorong mereka memilih pakaian sendiri dan bangga dengan penampilan mereka. 

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Kamar Tidur Anak agar Menarik dan Berkesan 

Pilih wallpaper atau stiker vinil 

Ingin menghias kamar tidur anak-anak dengan figur kartun lucu? Pertimbangkan  menggunakan wallpaper atau stiker vinil daripada mural yang dicat sehingga akan lebih mudah untuk membuat perubahan tanpa harus mengecat atau mengulang ruangan.

Bisa pula mempersembahkan dinding galeri untuk memajang karya seni dan kartun favorit mereka dalam bingkai sehingga anak dapat ditukar saat selera mereka berubah. 

Baca juga: 9 Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur Anak yang Harus Dihindari 

Libatkan anak-anak dalam proses desain

Anak Anda juga harus memiliki pendapat tentang seperti apa kamar tidur mereka. Anak senang terlibat dan Anda akan merasakan apa yang mereka sukai sehingga memudahkan  menciptakan ruang yang sempurna bagi anak. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.