Kompas.com - 18/10/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi cat. SHUTTERSTOCK/NMEDIAIlustrasi cat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat dapat mempercantik ruangan serta mengubah suasana dan tampilan ruangan secara menyeluruh. Bahkan, warna cat dapat mempengaruhi suasana hati.

Namun, hal itu diperoleh bila memilih warna cat yang tepat. Sebaliknya, memilih warna cat yang salah dapat membuat rumah kotor dan buruk.  

Baca juga: 8 Rekomendasi Warna Cat untuk Kamar Tidur Anak yang Menenangkan

Perlu diketahui bahwa ada beberapa warna cat yang dapat membuat rumah terlihat kotor, kusam, bahkan suram. Karena itu, memilih warna cat memerlukan sejumlah pertimbangan.

Nah, melansir dari Family Handyman, Senin (18/10/2021), berikut ini lima warna cat yang dapat membuat rumah tampak kotor dan kusam. 

Baca juga: Catat, Warna Cat Terburuk untuk Ruangan Sempit 

Putih hangat

Putih menjadi warna netral yang banyak dipilih untuk cat rumah lantaran dapat membuat rumah terlihat bersih, mewah, dan cocok dengan gaya rumah apa pun. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, warna putih apa pun dengan nada hangat bisa terlihat suram, terutama dalam pencahayaan yang salah. Untuk itu, hindari memilih putih hangat untuk warna cat rumah Anda. 

Baca juga: 7 Tips Memilih Warna Cat yang Tepat untuk Kamar Bayi 

Kuning

Sulit untuk memilih kuning yang tepat. Warna kuning yang terlalu cerah dapat menyilaukan ruangan atau rumah. Namun, kuning yang terlalu pucat membuat rumah tampak kotor, kusam, dan suram.

Banyak dari kuning yang menenangkan dan mencerahkan jiwa serta Anda sukai sebenarnya terlihat putih krem di kaleng. Untuk itu, perlu teliti memilih warna cat kuning. 

Baca juga: 8 Warna Cat Dinding Kamar Tidur Terbaik Menurut Feng Shui

Krem builder

Warna netral yang dapat membantu menjual rumah ini juga bisa memberikan kesan kotor. Hindari krem atau khaki kekuningan atau kehijauan yang tidak membuat siapa pun melihatnya terkesan.

Jika menginginkan warna netral yang bagus, pertimbangkan memilih warna abu-abu dengan cekatan mengikuti garis antara kelabu tua dan abu-abu. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Perubahan Warna Cat Dinding

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.