Kompas.com - 18/10/2021, 16:52 WIB
Ilustrasi peralatan dapur. Dok. Shutterstock/Gaf_LilaIlustrasi peralatan dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua peralatan rumah tangga, baik elektronik maupun tanpa listrik, bisa mengalami penurunan kinerja seiring waktu. Hal itu pada akhirnya akan merusak peralatan dan perlu diganti.

Namun, peralatan rumah tangga yang rusak tidak selalu karena usia pemakaian yang berakhir, tapi juga kebiasaan buruk yang dilakukan dalam menggunakan dan merawat peralatan.  

Baca juga: 10 Hal yang Membuat Peralatan Elektronik Cepat Rusak

Cara Anda menggunakan peralatan rumah tangga hari ini berdampak besar pada fungsi dan usia peralatan. Apakah peralatan akan berfungsi baik keesokan harinya.

Untuk itu, penting menghilangkan kebiasaan buruk tersebut demi membuat peralatan tahan lama dan memperpanjang usia pemakaiannya,

Melansir dari Bobvila, Senin (18/10/2021), berikut ini tujuh kebiasaan buruk yang dapat merusak peralatan rumah tangga.  

Baca juga: 5 Cara Menjaga Peralatan Rumah Tangga Berfungsi Efektif dan Tahan Lama

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menggunakan air panas di tempat pembuangan sampah wastafel 

Ilustrasi wastafel dapur berbahan stainless steel. UNSPLASH/TAYLOR WILCOX Ilustrasi wastafel dapur berbahan stainless steel.
Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi air panas tidak baik untuk membersihkan sisa-sisa dapur dari wastafel.

Saat menjalankan pembuangan sampah untuk mengguyur makanan, gunakan air dingin sebagai gantinya. Air panas dapat melelehkan lemak, yang hanya menyebabkan saluran air tersumbat dan kerusakan mekanis.  

Meninggalkan koin pada kantong pakaian

Periksa semua saku pakaian dengan teliti sebelum memasukkan celana ke mesin cuci. Pastikan tidak ada koin-koin yang ikut masuk ke mesin cuci.

Sebab, koin dapat merusak drum dan masuk ke sudut dan celah sehingga menyebabkan kemacetan pada mesin serta perbaikan yang mahal.  

Baca juga: Tips Merawat Peralatan Memasak agar Tetap Awet 

Mengisi freezer secara berlebihan

Memang benar bahwa freezer penuh dapat bekerja lebih efisien daripada yang kosong. Namun, mengisi freezer secara berlebihan dapat menghalangi ventilasi udara, membatasi aliran udara dingin, serta membebani kondensor kulkas, yang dapat menyebabkan kebakaran.

Halaman:


Sumber Bobvila
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.