Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Menata Laci Peralatan Makan

Kompas.com - 29/08/2021, 09:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan lemari pakaian, laci peralatan makan juga kerap dan mudah berantakan meski sudah dibereskan berkali-kali.

Bahkan, menyusun laci peralatan makan agat tetap tertata juga sangat sulit dan menjadi tugas yang membosankan. Tak heran, banyak orang salah menata laci mereka sehingga membuatnya tampak buruk dan berantakan. 

Baca juga: 5 Kesalahan Ini Bikin Laci Dapur Semakin Berantakan

Padahal, menyusun atau menata laci peralatan makan secara rapi dan teratur dapat membuat dapur terorganisir dengan baik serta lebih efisien.

Namun, Elain Maytom, perancang showroom senior di Freedom Kitchens, membagi kesalahan yang dilakukan orang ketika menata laci peralatan makan dan cara menyusunnya dengan tepat. 

Melansir dari Homes to Love, Minggu (29/8/2021), berikut ini adalah kesalahan dalam menata laci peralatan makan. 

Baca juga: 5 Cara Menata Laci Kamar Mandi agar Tampak Rapi dan Estetis 

Tidak menggunakan pembagi drawer

Elain mengatakan menggunakan pembagi drawer seperti yang dirancang ke dalam baki laci peralatan makan adalah cara terbaik untuk memisahkan item makan ke dalam pengelompokan logis sehingga membuat semuanya mudah dikenali dalam sekejap.

"Gunakan sisipan dengan pembagi variabel yang bergaya dan terjangkau. Pembatas ini tidak akan terlepas dari laci," katanya. 

Baca juga: Tempat Persembunyian Kutu Busuk di Rumah, Koper hingga Laci  

Memiliki terlalu banyak peralatan

Menurut Elain, kebanyakan orang sering melakukan kesalahan dengan menumpuk peralatan makan ketika kehilangan peralatan lainnya hanya untuk menemukan barang lama nantinya. 

Untuk itu, Elain menyarankan untuk melakukan pemusnahan isi laci peralatan makan sebelum menatanya kembali untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi. 

Baca juga: Tips Membuat Dapur Tampak Lebih Luas

"Pisahkan peralatan makan dan peralatan masak menjadi dua tumpukan. Pertama, yang Anda suka dan gunakan secara teratur. Kedua, yang tidak pernah Anda antisipasi untuk digunakan, atau tidak suka tampilannya karena tidak cocok dengan yang lain."

Selain itu, Elain menyarankan bersikap "brutal" untuk menyingkirkan barang-barang yang bukan peralatan dapur dari laci makan. "Simpan laci dapur hanya untuk barang-barang dapur."  

Baca juga: 4 Tips Menyusun Bumbu Dapur agar Waktu Memasak Lebih Efisien

Penataannya membingungkan

Pisau, garpu, dan sendok sebaiknya disusun dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri? Pegangan pertama atau menghadap keluar? Ini adalah pertanyaan yang dapat membingungkan orang ketika menata laci dapur. 

"Tidak ada aturan keras dan cepat di sini serta itu tergantung pada kompartemen laci peralatan makan Anda," ujar Elain.

Namun, kata Elain, kebanyakan orang secara intuitif bekerja dari kiri ke kanan. Akan tetapi, bila Anda lebih suka meletakkan semuanya seperti pengaturan meja, lakukanlah. Garpu di sebelah kiri, diikuti pisau dengan bilah menghadap ke dalam (atau ke kiri), diikuti sendok." 

Baca juga: 5 Warna Kabinet Dapur yang Cantik dan Menyegarkan 

Menyusun semuanya bersama-sama  

Elain menuturkan laci peralatan makan dapat dengan cepat berantakan dan benda-benda di dalamnya tertukar posisi, jadi sangat penting memiliki sekat di sini. 

"Sekali lagi, semua pegangan menghadap ke arah Anda dan kelompokkan barang-barang serupa menjadi satu, yaitu kelompokkan peralatan kue secara terpisah dari peralatan memasak sehari-hari."

Selain itu, pisau koki yang tajam paling baik disimpan di blok pisau untuk menghindari kecelakaan atau membuat bilahnya tumpul." 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memilih Kabinet Dapur 

Barang besar mengambil semua ruang 

Elain menyarankan untuk mencoba menata barang-barang di laci peralatan makan dengan cara mengelompokkannya berdasarkan jenisnya sehingga barang-barang yang besar tidak memakan banyak ruang. 

"Misalnya, sikat dan pengikis BBQ Anda. Handuk teh harus memiliki laci khusus sendiri dan bagus untuk memiliki laci terpisah untuk foil,, dan kertas roti Anda."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com