Kompas.com - 29/08/2021, 07:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulit menjadi salah satu material favorit dan banyak dipilih orang untuk sejumlah fashion, aksesori, dan furnitur di rumah, termasuk sofa

Dibanding material lainnya, sofa kulit tidak hanya terlihat lebih cantik, tetapi juga mewah. Sofa kulit juga dapat menghangatkan tubuh pada musim dingin serta terasa sejuk pada musim panas. Hal ini tak lain karena materialnya yang terbuat dari bahan alami. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Sofa Kulit

Meski menyenangkan, memiliki sofa kulit membutuhkan perawatan tepat untuk memperpanjang usia sofa dan membuatnya tetap terlihat cantik serta baru. 

Kulit bertahan lebih lama daripada material pelapis lainnya apabila dirawat dengan baik. Perawatan itu akan menjaga material sofa kulit menjadi lebih baik seiring bertambahnya usia.

Nah, melansir dari The Spruce, Minggu (29/8/2021), berikut ini cara merawat sofa kulit agar bersih, tetap baru, dan awet. 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari agar Sofa Lebih Tahan Lama 

Langkah menjaga sofa kuli tulit tetap bersih dan baik

1. Seperti kayu, kulit juga dapat memudar, kaku, dan retak jika diletakkan di dekat sumber panas karena bisa mengering.

Jadi, hindari menempatkan sofa kulit sangat dekat dengan perapian atau di tempat yang mendapat sinar matahari langsung.

2. Gunakan kain bersih untuk menghilangkan debu setiap beberapa minggu. Vakum celah-celah sofa dan di sepanjang bagian bawah saat menyeka sisa permukaan. 

Baca juga: Penyebab Sofa Bau Apak dan Cara Mengatasinya

3. Untuk membersihkan kotoran yang menumpuk, gunakan kain lembut yang agak lembap untuk menyeka permukaan.

4. Sebelum melakukan ini, untuk pertama kalinya, uji kulit di tempat yang tidak mencolok guna memastikan tidak menyerap air. Gunakan hanya kain kering jika terjadi penyerapan.

Halaman:
Sumber The Spruce


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.