Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ini Cara Tepat Membersihkan Meja Dapur Marmer

Kompas.com - 20/08/2021, 22:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Marmer adalah material batu alam dengan kualitas terbaik dan  mewah. Tak heran, membuat marmer banyak digunakan di berbagai ruangan di rumah seperti lantai rumah, dinding kamar mandi, dan meja dapur atau countertop. 

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, marmer juga telah dimasukkan ke dalam gaya dekorasi yang lebih santai. Bahkan, marmer dapat dicampur dengan bahan organik lain seperti kayu sehingga bisa terasa abadi. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Meja Dapur Granit 

Meski relatif tidak berpori, marmer adalah batu alam yang masih bisa tergores atau lecet. Karena itu, penting melakukan pembersihan dan perawatan rutin agar marmer tetap terlihat bagus.

Untuk meja dapur dengan material marmer, harus dibersihkan sesuai dengan kebutuhan minimal sekali sehari atau sehabis memasak, tergantung pada penggunaannya. Lantas, bagaimana membersihkan meja dapur marmer

Dilansir dari laman My Domaine, Jumat (20/8/20210, berikut ini cara membersihkan meja dapur marmer

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Meja Dapur Marmer dengan Baking Soda 

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Kain bersih 
  • Sabun dan air
  • Pembersih meja dapur berbahan lembut atau pembersih marmer/granit
  • #0000 wol baja
  • Baking soda atau pembersih abrasif yang lembut
  • 12 persen hidrogen peroksida
  • Scraper atau pisau cukur
  • Sealant marmer 

Baca juga: 5 Tips Memilih Meja Makan yang Estetik dan Awet Menurut Ahli  

Mulailah dengan pembersih lembut

Marmer dikenal memiliki perawatan yang cukup rumit dan menggunakan bahan pembersih asam adalah larangan terbesar yang harus dihindari.

Untuk membersihkannya, perlu menggunakan sabun lembut dan air secara teratur. Jika menggunakan pembersih semprot untuk meja dapur, hindari disinfektan yang sering kali terlalu keras. 

Sebaiknya, memilih pembersih serba guna yang berasal dari bahan organik dan bekerja  cukup lembut untuk marmer. 

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Membersihkan Meja Dapur, Apa Saja? 

Bersihkan meja secara menyeluruh

Celupkan kain bersih ke dalam sabun dan air, lalu seka ke meja dapur marmer secara menyeluruh. Bersihkan dari kotoran, sisa makanan, dan noda minyak sampai benar-benar menghilang.

Anda bisa menggunakan kain mikrofiber untuk pembersihan ini. Ulangi pembersihan sesuai dengan kebutuhan atau sehabis mandi. 

Baca juga: Cara Membersihkan Meja Dapur, Pakai Cuka dan Soda Kue 

Atasi noda lebih dalam

Terkadang, kotoran atau noda yang lebih dalam dapat merusak marmer. Namun, apabila membersihkan secara teratur, Anda dapat menghindari noda serta goresan yang dalam.

Menurut The Natural Stone Institute, sebagian besar noda dapat dibersihkan dengan produk dan pembersih rumah tangga.

Untuk noda berbasis minyak, gunakan detergen, minyak mineral, atau asetat untuk menghilangkan noda, lalu bersihkan dengan kain. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Meja Dapur Tetap Bersih

Untuk noda organik dari makanan, anggur, atau sumber lain, gunakan pemutih peroksida 12 persen (kekuatan pemutih rambut) dan setetes amonia.

Noda ini kemungkinan tidak akan terlihat pada marmer yang lebih gelap, tetapi pemutih dan peroksida dapat menghitamkannya. 

Untuk kotoran yang menempel, seperti makanan yang tumpah atau cat, coba lepaskan perlahan dengan pisau atau pengikis pipih. 

Baca juga: Kelebihan dan Keunggulan Meja Dapur Granit 

Buang Potensi Kotoran

Tumpahan bahan kimia yang asam benar-benar dapat merusak marmer dan meninggalkan noda. Jika meja dapur marmer terdapat goresan atau bintik kusam, Anda dapat mencoba memolesnya dengan #0000 wol baja.

Namun, apabila goresannya terlalu dalam, Anda mungkin harus meminta bantuan profesional untuk mengampelasnya. Jika ragu, tanyakan kepada produsen atau perusahaan tempat Anda membeli.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com