Kompas.com - 18/10/2021, 19:38 WIB
Tanaman bunga desember PINTERESTcom/PINTERESTTanaman bunga desember

JAKARTA, KOMPAS.com-- Bunga Desember atau yang memiliki nama lain Scadoxus Multiflorus, sebelumnya dikenal sebagai Haemanthus multiflorus.

Bunga ini seringkali mekar di bulan Desember sehingga disebut juga bunga Desember.

Berikut adalah profil bunga Desember seperti dilansir dari The Spruce, Senin (18/10/2021).

Baca juga: Simak, Panduan Memberi Pupuk untuk Tanaman Bunga Bugenvil

1. Bentuk

Tanaman unik ini memiliki bunga bulat besar yang terlihat seperti kembang api merah atau bola api.

Bunga bulat Terdiri dari kuntum merah berbentuk bintang dengan benang sari berujung kuning, bunga-bunga ini sangat disukai oleh lebah, kupu-kupu, dan burung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setiap batang bunga halus dan tidak memiliki daun namun batangnya cukup besar. Daun semi-sukulen hijau cerah mungkin muncul saat tanaman sedang mekar, tetapi daun ini juga bisa muncul kemudian. Tanaman ini menghasilkan buah beri merah di bulan Oktober. 

2. Perawatan

Bunga desember cukup mudah dirawat dan tidak menuntut banyak perhatian. Baik di kebun atau di pot, tanaman ini paling cocok dengan tanah berpasir yang lembap tetapi memiliki drainase yang baik.

Jadwal penyiraman yang konsisten penting untuk dilakukan. Tanaman ini juga lebih menyukai cahaya tidak langsung atau sinar matahari.

Bunga ini membutuhkan waktu istirahat untuk mekar dari tahun ke tahun. Setelah bunga habis, hentikan penyiraman dan biarkan tanaman mati.

Setelah dormansi, menambahkan tanah segar dan menyiram lebih sering akan memungkinkan bunga mekar lagi dengan penuh semangat. Hama bisa saja menyerang termasuk, kutu putih atau tungau laba-laba.

Baca juga: Tips Merawat Bunga Peace Lily agar Tumbuh Subur dan Mekar

3. Tanah

Halaman:


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.