Kompas.com - 16/10/2021, 11:23 WIB
Ilustrasi membangun rumah. SHUTTERSTOCK/KWANGMOOZAIlustrasi membangun rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membangun rumah sendiri merupakan pencapaian bagi setiap individu. Untuk membuatnya sempurna, upaya dan prosedur teknis langkah demi langkah untuk membangun rumah sangat penting.

Membangun rumah sendiri memberi keunggulan untuk mewujudkan imajinasi dan kreativitasmu menjadi kenyataan, sehingga kamu hidup dalam kenyataan itu.

Namun, untuk membangun rumah barumu sendiri, prosesnya tidak sesederhana kelihatannya. Seseorang perlu memiliki pengetahuan yang tepat tentang bagaimana segala sesuatunya bekerja.

Baca juga: 5 Cara Praktis Membersihkan Rumah dalam Waktu Singkat

Dilansir dari Beauty Harmony Life, Sabtu (16/10/2021), ada poin-poin yang dibahas lebih lanjut untuk membantumu mengetahui apa yang kamu butuhkan untuk membangun rumah baru

Ilustrasi membangun rumah. SHUTTERSTOCK/SUTI STOCK PHOTO Ilustrasi membangun rumah.

1. Tetapkan anggaran

Berapa banyak biaya membangun rumah yang kamu mampu anggarkan? Ini akan menjadi pertanyaan utama sebelum kamu memulai pekerjaan konstruksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Uang adalah aset penting sebelum kamu berinvestasi untuk membangun rumah barumu. Seluruh struktur akan berubah tergantung pada jumlah yang kamu mampu untuk berinvestasi.

Perencanaan anggaran harus sesuai dengan semua fasilitas yang ingin kamu pasang.

Baca juga: 4 Kesalahan Mendekorasi Rumah yang Bikin Ruangan Berantakan

Selain itu, ingatlah untuk menyiapkan uang ekstra dari sekadar anggaran, karena proses pembangunan mungkin lebih mahal daripada anggaran.

Ya, pembiayaan tambahan adalah suatu keharusan dan hadir di semua tahap konstruksi untuk memastikan pembangunan rumahmu berjalan sesuai rencana. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.