Kompas.com - 16/10/2021, 10:01 WIB
Ilustrasi kotak pasir kucing. SHUTTERSTOCK/IMG STOCK STUDIOIlustrasi kotak pasir kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing peliharaan seringkali ditemukan tidur di lokasi yang tidak terduga. Lalu, bagaimana jika tiba-tiba kucing tidur di kotak pasirnya?

Dilansir dari The Spruce Pets, Sabtu (16/10/2021), ada alasan medis serta alasan perilaku mengapa kucing tiba-tiba mulai tidur di tempat yang merupakan kamar mandinya. Dokter hewan dapat membantu Anda mengetahui alasan yang mendasari pilihan kucing tidur di kotak pasir.

Berikut beberapa alasan kucing tidur di kotak pasir yang perlu diketahui.

Baca juga: Mengapa Kucing Suka Menguyah Kabel? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

1. Faktor medis

Dalam dunia perawatan hewan peliharaan, alasan perilaku untuk apa pun adalah diagnosis eksklusi. Ini berarti bahwa semua kemungkinan alasan medis harus disingkirkan terlebih dahulu.

Ilustrasi kucing tidurUnsplash/Milada Vigerova Ilustrasi kucing tidur

Kucing dapat sering mengalami infeksi saluran kemih, pembentukan kristal urine, dan batu kandung kemih, sehingga gejala terkait saluran kemih yang Anda lihat di rumah berasal dari medis sampai terbukti sebaliknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Infeksi saluran kemih (ISK) dan kristal atau batu kemih dapat membuat lapisan kandung kemih meradang sehingga bahkan jumlah terkecil urine yang terkumpul di kandung kemih dapat membuat kucing merasa harus buang air kecil saat itu juga.

Kucing dengan ISK parah atau kristal urine dapat bersantai dan tidur kotak pasirnya hanya karena dia merasa harus sering menggunakan kotak itu.

Baca juga: Kucing Liar Sering Datang ke Rumah? 4 Hal Ini Bisa Jadi Alasannya

Terkadang kristal atau batu kemih dapat tersangkut di uretra kucing dan menyebabkan penyumbatan. Kucing-kucing ini akan sering pergi ke kotak pasir, mencoba buang air kecil tetapi tidak menghasilkan apa-apa dan akan menangis atau melolong karena tidak nyaman.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.