Kompas.com - 18/09/2021, 23:19 WIB
Ilustrasi ikan cupang halfmoon. SHUTTERSTOCK/PANPILAI PAIPAIlustrasi ikan cupang halfmoon.

 

JAKARTA, KOMPAS.comIkan cupang atau beta fish menjadi salah satu ikan hias yang sedang diminati. Sayangnya, ikan ini tak berumur panjang yakni hanya 2-5 tahun saja.

Untuk itu, ikan cupang harus dijaga agar bisa mencapai umur maksimalnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menciptakan lingkunan yang baik yang diperlukan oleh ikan dan yang harus dicocokkan dengan kondisi alamiahnya di alam bebas.

Sebagian besar ikan akuarium berasal dari daerah tropis hangat dengan air yang mengalir, sehingga memerlukan akuarium aerasi dengan kualitas air yang baik dan suhu berkisar antara 22 hingga 27 derajat C.

Ikan cupang sendiri merupakan ikan yang spesial, karena ia bisa bernapas dengan udara. Karena itulah ikan cupang bahkan bisa hidup di mangkuk atau toples kecil tanpa memerlukan filter udara ataupun aerasi.

Baca juga: Bisakah Ikan Mas Koki Hidup di Fish Bowl Tanpa Filter?

Meski demikian, ikan cupang tetap membutuhkan kualitas air yang baik dan suhu air yang hangat. Sayangnya, menyediakan lingkungan seperti itu dalam mangkuk kecil agak sulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, bukan tidak mungkin menjadikan mangkuk atau toples kecil sebagai rumah yang cocok untuk ikan cupang. Hal ini bisa diwujudkan asalkan pemiliknya mengganti air secara teratur.

Berikut beberapa tips untuk menciptakan lingkungan hidup yang baik bagi cupang supaya panjang umur, seperti dilansir dari The Spruce Pets, Sabtu (18/9/2021).

1. Ikan cupang merupakan ikan tropis

Ikan cupang berasal dari Asia Tenggara tropis, di mana suhu air biasanya sekitar 26 C sepanjang tahun. Jika kamu tinggal di daerah beriklim sedang, cuaca musim dingin dapat menjadi penghalang.

Suhu dingin akan membuat ikan cupang stres dan membuatnya jauh lebih rentan terhadap penyakit. Menempatkan mangkuk di lokasi yang lebih hangat di dalam rumah akan membantu.

Baca juga: Cara Merawat Ikan Cupang agar Siripnya Besar

2. Apakah ikan cupang membutuhkan tanaman untuk dimakan?

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.