Kompas.com - 18/09/2021, 20:46 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com--Microwave sangat penting untuk kamu yang ingin lebih mudah memanaskan makanan atau memasak dan membuat makanan ringan.

Namun untuk membelinya, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal. Pasalnya, microwave tidaklah murah, untuk itu kamu perlu mempertimbangkan fungsinya, fitur bahkan dimana kamu akan meletakkannya nanti. 

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya kamu pertimbangkan saat membeli microwave seperti dilansir dari Family Handyman, Sabtu (18/9/2021). 

Baca juga: 6 Penyebab Microwave Mengeluarkan Asap Saat Digunakan

1. Jenis-jenis mikrowave

Kamu perlu mencari tahu jenis microwave apa yang tepat untuk kamu. Hal ini biasanya bergantung pada seberapa sering kamu akan menggunakannya, seberapa penting bentuk dan modelnya dan juga berapa anggaran yang kamu sisihkan, serta apa yang akan sering kamu masak dengan alat ini.

Ada beberapa jenis microwave yang bisa kamu pilih, diantaranya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

  • Microwave meja

Ini adalah jenis yang paling umum dan terjangkau, microwave meja memiliki dampak besar di pasar. Mereka biasanya mudah digunakan, cukup tancapkan dan diatur suhu dan waktu pemanasannya.  

  • Oven microwave kombinasi

Microwave kombinasi berfungsi sebagai pemanggang, oven, dan microwave, tetapi lebih sering berfungsi ganda sebagai oven. Jika kamu memiliki ruang dapur yang terbatas, membeli satu alat dengan banyak fungsi bisa menjadi solusi yang baik.

Seperti gelombang mikro tradisional, kombinasi mudah dibuat dan dijalankan dan relatif mudah diganti. Namun, harganya biasanya akan lebih mahal daripada microwave biasa. 

Baca juga: Seberapa Sering Oven Microwave Harus Dibersihkan?

2. Fitur microwave

Pertimbangkan fitur khusus ini saat mempertimbangkan membeli microwave yang cocok untuk kamu. Buat daftar semua fitur yang kamu anggap penting sebelum berbelanja.

  • Daya listrik

Watt menunjukkan kekuatan gelombang mikro. Semakin besar wattnya semakin besar juga daya panas yang dihasilkan. Namun, hal ini akan berpengaruh pada tagihan listrikmu. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.