Kompas.com - 18/09/2021, 22:39 WIB
Ilustrasi tanaman yang terkena penyakit jamur Verticillium wilt atau layu verticillium. SHUTTERSTOCK/SHE HOMESTEADSIlustrasi tanaman yang terkena penyakit jamur Verticillium wilt atau layu verticillium.

 

JAKARTA, KOMPAS.com—Tanaman yang tiba-tiba layu mungkin akan membuatmu terkejut. Pasalnya, hal ini bisa terjadi secara mendadak.

Tanaman yang pada pagi hari masih tampak subur dan sehat, tiba-tiba layu di sore hari. Penyebab paling umum dari layunya tanaman adalah kurangnya asupan air yang seharusnya diserap oleh akar.

Jika hal ini dibiarkan, tanaman akan mulai layu, menggugurkan daunnya dan mati secara perlahan.

Kurangnya air bisa jadi karena tanah atau kompos tempat tanaman tumbuh telah mengering, sehingga tidak ada air yang tersedia untuk diserap oleh akar.

Jika tanah atau kompos tetap kering, akarnya akan mulai mati. Bila ini sudah terjadi, pemberian air pada tanaman tidak akan memulihkan kondisinya. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Menangani Daun Bunga Mawar Layu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi lain yang bisa membuat tanaman layu adalah terlalu banyak air. Jika tanah terlalu tergenang dan basah, air akan menutupi semua rongga di tanah. Hal ini kemudian akan memutus asupan oksigen yang dibutuhkan akar untuk hidup. Akhirnya tanaman menjadi layu dan mati.

Selain karena kekurangan dan kelebihan air, di bawah ini adalah beberapa penyebab tanaman tiba-tiba layu seperti dilansir dari Love The Garden, Sabtu (18/9/2021).

1. Batang rusak atau patah

Tanaman lain bisa saja layu karena batangnya rusak. Ini mencegah air mencapai bagian tanaman di atas tempat kerusakan terjadi.

2. Penyakit wilts

Penyebab tanaman layu lainnya adalah akibat penyakit. Ini bisa berupa penyakit yang mematikan akar, atau penyakit yang masuk ke pembuluh penghantar air di dalam tanaman (xilem) dan benar-benar menyumbatnya sehingga air tidak bisa diserap ke dalam tanaman. Penyakit ini meliputi:

  • Layu verticillium disebabkan oleh jamur yang terbawa tanah, yang masuk ke akar dan tumbuh ke atas di xilem. Ini mempengaruhi berbagai macam tanaman.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.