Kompas.com - 18/09/2021, 21:05 WIB
Seindah apa pun rumah Anda, jika berbau tak sedap tentu tidak menyenangkan dan membuat Anda dan keluarga tidak nyaman. Tapi, jangan khawatir, setiap bau tidak sedap pasti ada penyebabnya dan bisa diatasi. www.shutterstock.comSeindah apa pun rumah Anda, jika berbau tak sedap tentu tidak menyenangkan dan membuat Anda dan keluarga tidak nyaman. Tapi, jangan khawatir, setiap bau tidak sedap pasti ada penyebabnya dan bisa diatasi.

JAKARTA, KOMPAS.com—Bau tak sedap bisa saja keluar dari dapur dan kamar mandi. Hal ini seringkali sulit dihilangkan walau sudah dibersihkan.

Bau tak sedap di dapur dan kamar mandi membuat kamar mandi yang bersih terkesan kotor dan jorok. Aromanya bahkan bisa memengaruhi aroma dari rumah.

Berikut adalah jenis bau dan bagaimana cara menghadapinya seperti dilansir dari Home Guides, Sabtu (18/9/2021). 

Baca juga: Penyebab Mesin Cuci Bukaan Depan Bau dan Solusinya

1. Bau pada tempat sampah

Ketika sedikit makanan tersangkut di antara sela-sela atau bagian penutup tempat pembuangan sampah, maka ini tidak lama lagi ini akan menjadi bau.

Untuk mencegah bau menumpuk di tempat sampah, kamu harus membersihkan tempat sampah dengan air mengalir selama 20 detik setelah digunakan. Bila perlu, bersihkan juga dengan air sabun dan sikat.

Setelah kering, letakkan potongan lemon ke dalam tempat sampah, lalu biarkan selama 20 detik. Kemudian bilas kembali dengan air dan tutup tempat sampah dengan benar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Bau di wastafel dapur

Limbah makanan bisa saja tersangkut pada saluran pembuangan. Limbah seperti daun seledri atau duri ikan, bisa saja tersangkut dan menyebabkan bau.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membunuh bakteri penyebab bau dengan menuangkan 1/2 cangkir soda kue ke saluran pembuangan diikuti dengan air hangat.

Jika masalah terus berlanjut, kamu mungkin harus membongkar saluran pembuangan dan membersihkan limbah yang tersangkut.

Tak perlu pembongkaran besar-besaran, kamu hanya perlu membongkar leher angsa lalu siapkan ember untuk menampung air dan kotoran yang terperangkap di dalamnya.

Jika sudah, pasang kembali leher angsa dan bau dari wastafel akan segera hilang.

Baca juga: 4 Tips Menghilangkan Bau Urine Kucing di Perabot Rumah

3. Bau di kamar mandi

Bau yang berasal dari wastafel kamar mandi bisa jadi merupakan hasil pertumbuhan bakteri yang tersangkut pada rambut, sabun, dan limbah kamar mandi lainnya, dan jika demikian, membersihkan dan menuangkan soda kue ke saluran pembuangan adalah cara yang efektif.

Namun, jika saluran pembuangan memiliki bau belerang khas yang berasal dari saluran

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.