Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau pada Tempat Sampah

Kompas.com - 29/08/2021, 20:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat sampah menjadi salah satu sumber bau tak sedap di rumah, bahkan bau ini bisa menyebar ke seluruh ruangan.

Selain itu, tempat sampah yang berbau dapat mengganggu serta menarik berbagai hama seperti serangga, lalat, tikus, dan semut.

Melansir dari The Spruce, Minggu (29/8/2021), sebenarnya ada cara mudah menghilangkan bau tak sedap di tempat sampah dengan menggunakan bahan alami. Berikut ini bahan alami untuk menghilangkan bau pada tempat sampah. 

Baca juga: 6 Bahan yang Bisa Hilangkan Bau Tempat Sampah

Baking soda atau soda kue 

Baking soda atau soda kue dapat bekerja sangat baik dalam menghilangkan bau di tempat sampah. Taburkan baking soda di dasar tempat sampah atau langsung ke tempat sampah untuk membantu menyerap bau tak sedap .

Sedangkan, untuk mencegah bau, tambahkan seperempat cangkir baking soda ke dalam tempat sampah pada pagi hari, kemudian menjelang malam hari buang sampah ke tong sampah luar rumah sehingga tidak ada bau yang tertinggal. 

Baca juga: Cara Membersihkan Perlengkapan Olahraga agar Tidak Bau dan Bebas Kuman

Ketika saatnya untuk membersihkan tempat sampah, taburkan satu cangkir soda kue di dasar tempat sampah setelah dibersihkan dan dikeringkan. 

Ini dapat membantu menyerap kelembapan dan bau hingga minggu depan saat membersihkan tempat sampah lagi. 

Baca juga: Penyebab Sofa Bau Apak dan Cara Mengatasinya 

Pemutih 

Terkadang Anda membutuhkan disinfektan yang kuat untuk menghilangkan kuman dan bau. Anda dapat menggunakan pemutih untuk membunuh kuman yang berkontribusi pada bau di tempat sampah. 

Hati-hati saat menggunakan pemutih agar tidak merusak lapisan tempat sampah. Selain itu, pastikan area membersihkan tempat sampah memiliki ventilasi yang baik saat menggunakan pemutih untuk menghindari konsentrasi asap.

Untuk memanfaatkannya, tambahkan seperempat cangkir pemutih ke dalam 7,5 liter air hangat untuk membersihkan tumpahan dan bau pada tempat sampah .

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Sofa Kulit

Pasir kucing

Pasir kucing di dasar tempat sampah akan menjaga kelembapan dan bau sampah agar tidak masuk ke ruangan. Pasir kucing dapat menyerap bau dan cairan serta meninggalkan aroma segar di sekitar tempat sampah.

Setelah seminggu atau ketika pasir kucing menjadi lembap, buang dan tambahkan lagi ke tempat sampah.

Tidak ada perbedaan besar antara pasir kucing yang murah dan lebih mahal. Jadi, simpan pasir yang bagus untuk kucing dan gunakan pasir yang lebih murah untuk di bagian bawah tempat sampah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com