Kompas.com - 27/08/2021, 15:39 WIB
Ilustrasi peralatan olahraga di rumah. PEXELS/KAROLINA GRABOWSKAIlustrasi peralatan olahraga di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Olahraga sebaiknya jadi rutinitas harian yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jiwa dan raga. Namun, ketika berolahraga kita akan berkeringat, bau badan pun jadi tak terhindarkan.

Keringat yang menempel di pakaian dan perlengkapan olahraga selain menimbulkan bau tak sedap juga dapat jadi sarang bakteri dan kuman apabila tidak dibersihkan dengan baik dan benar.

Agar tidak jadi sarang kuman, bakteri, dan bau, kamu harus membersihkan dan merawat perlengkapan olahraga secara tepat.

Baca juga: Jadi Sarang Kuman, Ini Cara Membersihkan Peralatan Olahraga di Rumah

Melansir dari Clean and Scentsible, Jumat (27/8/2021), berikut ini cara membersihkan dan menghilangkan bau di pakaian dan perlengkapan olahraga.

1. Keluarkan perlengkapan olahraga dari tas setiap kali digunakan

Setelah selesai digunakan, keluarkan semua perlengkapan olahraga yang ada di dalam tas. Kibas-kibaskan perlengkapan olahraga untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel di permukaan baju.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, gantung baju baju dan angin-anginkan apabila perlengkapan olahraga tersebut tidak bisa dicuci atau terkena air.

2. Keringkan segera

Selanjutnya, angin-anginkan perlengkapan olahraga di tempat terbuka hingga kering. Hal ini tak hanya ampuh untuk menghilangkan bau tapi juga mencegah tumbuhnya bakteri, jamur, hingga lumut.

Baca juga: Cara Mencuci Pakaian Olahraga agar Tidak Rusak dan Awet

3. Semprotkan dengan cairan penghilang bau

Kamu juga bisa menyemprotkan cairan penghilang bau yang bersifat antimikroba, antijamur dan antibakteri ke perlengkapan olahraga setelah digunakan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.