Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kali Kucing Betina Dapat Hamil Selama Hidupnya?

Kompas.com - 29/08/2021, 19:57 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam hal reproduksi, kucing adalah hewan yang cukup produktif. Satu kucing betina mampu melahirkan sekitar 12 anak kucing setiap tahun jika tidak dimandulkan.

Dilansir dari Pets The Nest, Minggu (29/8/2021), setelah anak kucing mencapai pubertas, biasanya antara usia lima bulan dan sembilan bulan, mereka sudah dapat bereproduksi. 

Baca juga: 7 Ras Kucing yang Cocok Tinggal di Apartemen

Kucing yang matang secara seksual dapat memiliki anak kucing pada awal siklus panas pertamanya. Kehamilan pada kucing berlangsung kurang-lebih 65 hari.

Setelah itu, kucing yang masih menyusui bisa langsung berahi dan hamil kembali. Adapun kucing jantan dapat menghamili kucing betina dalam jumlah yang tak terhitung jumlahnya. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Kucing Hitam yang Sering Dikaitkan dengan Nasib Buruk 

Kucing berahi 

Menurut Rumah Sakit Hewan VCA, Amerika Serikat, kucing betina mengalami berahi selama bulan-bulan hangat, yakni biasanya antara Januari dan Agustus. Pada iklim yang lebih hangat, kucing Anda mungkin menjadi berahi sepanjang tahun.

Melansir dari laman Catster, setiap siklus panas atau estrus berlangsung sekitar satu minggu dan berulang terus-menerus setiap dua hingga tiga minggu. 

Baca juga: 7 Ras Kucing Bermata Biru yang Sangat Cantik

Menurut LA Animal Shelter, jika dibiarkan kawin dengan bebas, kucing betina yang tidak dimandulkan, biasanya dapat hamil hingga tiga kali dalam setahun. Artinya, bila kucing hidup selama 10 tahun, dapat hamil sebanyak 30 kali. 

Setiap kehamilannya, kucing betina mampu menghasilkan sekitar dua dan delapan anak kucing. Ini berarti satu kucing betina dapat menghasilkan antara enam dan 24 anak kucing dalam satu tahun. 

Baca juga: Penyebab Stres pada Kucing dan Cara Menghadapinya Menurut Dokter 

Tidak mengalami menopause 

Tidak seperti manusia, kucing mampu melahirkan anak kucing sepanjang tahun ketika usia lanjut. Meski kemampuan reproduksi menurun, kucing tidak mengalami menopause seperti yang dialami wanita. 

Artinya, kucing dapat melahirkan anak kucing selama hidup mereka jika keadaan kesehatannya memungkinkan.

Secara teoritis, kucing betina dapat melahirkan hingga 180 anak kucing selama hidup mereka, yakni rata-rata 15 tahun untuk kucing peliharaan. Meski demikian, semua anak kucing ini kemungkinan besar tidak akan bertahan hidup. 

Baca juga: 7 Ras Kucing Bermata Biru yang Sangat Cantik 

Apa yang harus dilakukan? 

Satu-satunya cara mencegah kucing betina beranak atau kucing jantan menghamili kucing betina yang tak terhitung jumlahnya adalah dengan memandulkan dan mengebirinya.

Anda mungkin berpikir bahwa menjaga kucing di dalam ruangan, jauh dari kucing lain, dapat mencegah kehamilan atau menghentikan kucing jantan berkeliaran.

Sayangnya, kucing yang berahi bisa dengan cepat melarikan diri dari rumah hanya dalam hitungan menit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com