Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2021, 17:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak ras kucing yang dapat berkembang biak dengan baik di apartemen atau ruang kecil lainnya selama Anda memberikan perhatian, permainan, dan lingkungan yang cukup.

Beberapa ras kucing terbaik yang dapat tinggal di apartemen umumnya memiliki kepribadian yang mudah beradaptasi. Kucing dengan tingkat energi rendah hingga sedang juga cenderung senang tinggal di ruang kecil. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Kucing Hitam yang Sering Dikaitkan dengan Nasib Buruk

Untuk tinggal di apartemen, carilah jenis kucing yang umumnya tenang dan ramah, tetapi tidak terlalu menuntut perhatian.

Hindari ras kucing yang sangat cerdas karena ruang kecil mungkin tidak memberikan stimulasi mental yang cukup bagi mereka untuk merasa puas. Akibatnya, kucing mungkin mulai terlibat dalam perilaku destruktif. 

Melansir dari The Spruce Pets, Minggu (29/8/2021), berikut ini tujuh ras kucing yang cocok tinggal di apartemen atau ruang kecil.  

Baca juga: Penyebab Stres pada Kucing dan Cara Menghadapinya Menurut Dokter 

American shorthair

Ilustrasi kucing American Shorthair. PIXABAY/S9234460 Ilustrasi kucing American Shorthair.
American Shorthair, versi asli dari shorthair domestik, adalah kucing santai yang suka bergaul dengan manusia. Ras kucing ini dapat tinggal dengan baik di apartemen selama Anda dapat memenuhi kebutuhan sosial mereka.

Namun, ras kucing American Shorthair juga pandai menghibur diri dengan mainan dan mengawasi keluar jendela.  

Baca juga: Mengenal Kucing British Shorthair yang Dipelihara Gisella  

Birman

Birman merupakan ras kucing yang memiliki kepribadian yang manis, lembut, dan penuh kasih sayang.

Kucing yang tenang ini hanya ingin berada di mana pun pemiliknya atau orang yang mereka sukai  berada sehingga mereka tak masalah tinggal di ruang kecil seperti apartemen.  

Baca juga: 7 Ras Kucing Bermata Biru yang Sangat Cantik

British shorthair

British shorthair adalah kucing yang sangat mudah beradaptasi serta dapat berkembang biak di apartemen. Kucing yang tenang biasanya lebih suka bersantai daripada berlarian di rumah.

Namun, terkadang British shorthair dapat memiliki semburan energi dan menyukai permainan interaktif untuk menantangnya secara mental dan fisik. 

Baca juga: 8 Jenis Anjing yang Bisa Dipelihara Bersama Kucing

Scottish fold 

Ilustrasi ras kucing Scottish FoldUnsplash/René Peters Ilustrasi ras kucing Scottish Fold
Ras kucing Scottish Fold dikenal ramah dan tenang sehinggga beradaptasi dengan banyak situasi kehidupan berbeda, termasuk apartemen atau ruang kecil.

Kucing pendiam ini suka terlibat dalam apa pun yang dilakukan orang sekitarnya dan salah satu aktivitas favoritnya adalah bermain lempar tangkap.

Anda juga bisa mengajak mereka bermain teka-teki makanan karena sifatnya yang cerdas dan ingin tahu, terutama ketika Anda tidak berada di rumah. 

Baca juga: Perhatikan, Penyebab Bulu Kucing Rontok dan Cara Mengatasinya

Burma 

Kucing Burma atau Burmese biasanya berperilaku manis dan suka dimanja. Selain itu, ras kucing ini tidak suka sendiri sehingga harus selalu ditemani oleh pemiliknya agar tidak merasa kesepian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com