Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2021, 07:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua hewan menunjukkan beberapa tanda bahwa akhir hidup mereka semakin dekat. Ini tidak terkecuali kucing peliharaan Anda. 

Ada beberapa tanda kucing mau mati yang dapat Anda kenali dengan cukup mudah. Tentu saja ini hal yang menyedihkan, sebab pastinya akan sulit berpisah dengan kucing kesayangan Anda.

Menurut Feline CRF seperti dikutip dari Love to Know, Jumat (27/8/2021), apa yang dilakukan kucing menjelang akhir hidupnya dapat bervariasi. Akan tetapi, banyak kucing akan menunjukkan perilaku dan tanda-tanda tertentu sebelum mati.

Baca juga: Alasan Mengapa Kucing Menyukai Hal yang Berbau

Beberapa tanda umum kucing mau mati adalah perubahan nyata dalam temperamen normal mereka, peningkatan nyata dalam perilaku bersembunyi, hilangnya nafsu makan untuk makanan dan air, dan perubahan penampilan mereka secara keseluruhan.

Kucing akan menyembunyikan telapak kaki di bawah tubuhnya ketika kedinginan.Unsplash/Kate Stone Mathes Kucing akan menyembunyikan telapak kaki di bawah tubuhnya ketika kedinginan.

Perubahan penampilan dapat mencakup bulu kusam, kusut, urin atau kotoran di rambut mereka, mata melebar atau berkaca-kaca, kurang berkedip dan tampilan "cekung".

Kucing yang sekarat akan sering mengalami kejang juga dan akan mengalami kesulitan bernapas.

1. Perubahan kepribadian

Seekor kucing yang sakit dan sekarat akan sering mengalami perubahan kepribadian yang drastis.

Baca juga: Simak, 5 Penyebab Kucing Bertingkah Hiperaktif

Jika dia dulunya adalah kucing yang suka bergaul, dia sekarang mungkin menjadi pendiam dan mudah tersinggung jika Anda mencoba merawatnya. Ini mungkin karena dia kesakitan dan tidak ingin disentuh.

Di sisi lain, beberapa kucing yang cukup mandiri ketika sehat, sekarang mungkin mencari persahabatan dari pemiliknya saat kematian semakin dekat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com