Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2021, 09:58 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda memperhatikan bahwa kucing Anda tampaknya sangat tertarik pada hal-hal yang paling berbau?

Mungkin kucing Anda suka menggosok wajahnya dengan sepatu yang bau. Atau mungkin kucing Anda cenderung meringkuk di cucian yang kotor dan bau.

Dilansir dari Cuteness, Rabu (25/8/2021), sebenarnya ketertarikan pada hal-hal berbau bukan hanya perilaku kucing yang aneh, namun ada beberapa alasan mengapa mereka menyukai hal yang berbau di sekitarnya. 

Baca juga: Simak, 5 Penyebab Kucing Bertingkah Hiperaktif

Indera penciuman kucing memberi tahu banyak hal tentang dunia di sekitar mereka

Indera penciuman kucing yang kuat membuat mereka sangat peka tentang dunia di sekitar mereka, dan salah satu indera terpenting mereka adalah indera penciuman.

Ilustrasi kucing di taman. PIXABAY/ALEXAS_FOTOS Ilustrasi kucing di taman.

Indera penciuman kucing enam belas kali lebih kuat dari manusia, dan mereka juga memiliki indra penciuman lain di langit-langit mulut.

Jika Anda pernah memerhatikan kucing Anda membuat ekspresi konyol dan kosong dengan mulut setengah terbuka, maka mereka mengalami respons flehmen.

Perilaku ini adalah saat kucing menggunakan organ khusus di dalam mulutnya yakni organ vomeronasal juga dikenal sebagai organ Jacobson.

Baca juga: 6 Cara Mencegah Kucing Peliharaan Hamil

Organ ini berada di antara bau dan rasa, dan memungkinkan kucing untuk mengamati lebih dalam lagi dunia bau di sekitar mereka. Kucing Anda menggunakan kemampuan sensorik organ ini untuk hal-hal seperti kawin, menandai wilayah, dan berkomunikasi dengan kucing lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com