Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Mengapa Kucing Menyukai Hal yang Berbau

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda memperhatikan bahwa kucing Anda tampaknya sangat tertarik pada hal-hal yang paling berbau?

Mungkin kucing Anda suka menggosok wajahnya dengan sepatu yang bau. Atau mungkin kucing Anda cenderung meringkuk di cucian yang kotor dan bau.

Dilansir dari Cuteness, Rabu (25/8/2021), sebenarnya ketertarikan pada hal-hal berbau bukan hanya perilaku kucing yang aneh, namun ada beberapa alasan mengapa mereka menyukai hal yang berbau di sekitarnya. 

Indera penciuman kucing memberi tahu banyak hal tentang dunia di sekitar mereka

Indera penciuman kucing yang kuat membuat mereka sangat peka tentang dunia di sekitar mereka, dan salah satu indera terpenting mereka adalah indera penciuman.

Indera penciuman kucing enam belas kali lebih kuat dari manusia, dan mereka juga memiliki indra penciuman lain di langit-langit mulut.

Jika Anda pernah memerhatikan kucing Anda membuat ekspresi konyol dan kosong dengan mulut setengah terbuka, maka mereka mengalami respons flehmen.

Perilaku ini adalah saat kucing menggunakan organ khusus di dalam mulutnya yakni organ vomeronasal juga dikenal sebagai organ Jacobson.

Organ ini berada di antara bau dan rasa, dan memungkinkan kucing untuk mengamati lebih dalam lagi dunia bau di sekitar mereka. Kucing Anda menggunakan kemampuan sensorik organ ini untuk hal-hal seperti kawin, menandai wilayah, dan berkomunikasi dengan kucing lain.


Dan itu juga menjelaskan mengapa bau memainkan peran penting dalam perilaku kucing.
Kucing mengidentifikasi kucing lain dengan mencium bagian paling bau satu sama lain

Alasan lain mengapa kucing mungkin tertarik pada hal-hal yang paling bau adalah karena mereka terbiasa mencium hal-hal yang menjijikkan.

Ketika mereka bertemu dan pertama kali menyelidiki satu sama lain, kucing suka mengendus pantat satu sama lain untuk mencium bau yang dikeluarkan oleh kelenjar dubur mereka.

Jadi karena kucing terbiasa menggunakan sesuatu yang berbau menyengat untuk memberi mereka informasi, mereka juga mencari informasi penting di tempat bau lainnya.

Hal-hal berbau mungkin berbau kuat dari seseorang yang mereka cintai

Salah satu tempat bau yang sering mereka sukai adalah pakaian kotor pemiliknya. Mereka mungkin meringkuk di keranjang cucian kotor atau tidur sebentar di atas baju olahraga yang berkeringat. 

Sementara manusia mungkin menganggapnya menjijikkan, kucing dapat merasa nyaman, karena mereka menyukai bau manusia.

Meskipun kucing menggunakan lebih dari sekadar indera penciumannya untuk mengenali Anda, mereka mengenali aroma pemilik mereka dan merasa nyaman karenanya.

Ketika pakaian Anda telah dipakai, baunya sangat mirip dengan Anda. Jadi untuk kucing menyukai aroma pemiliknya.

Menurut kucing bau yang enak

Kucing adalah makhluk yang sangat berbeda dari manusia, jadi terkadang mereka tertarik pada bau yang membuat Anda jijik sebagai manusia.

Pikirkan bau makanan kucing. Kebanyakan manusia bisa setuju bahwa kita dimatikan oleh baunya, tetapi kucing menyukainya.

Dengan cara yang sama, beberapa kucing mungkin menyukai bau hal-hal lain yang menurut manusia menjijikkan.

Hal-hal bau memberi tahu kucing di mana pemiliknya berada

Hal-hal yang berbau tidak enak bagi manusia mungkin tidak hanya menyengat kucing kita, namun menurut mereka mungkin penuh dengan informasi penting.

Misalnya, bagi manusia, sepatu menjadi hal yang menjijikan dan berbau tak sedap. Namun, untuk kucing, sepatu itu mungkin menceritakan kisah hari Anda.

Mereka mungkin memberi tahu kucing di mana Anda berada, atau lebih penting lagi, hewan apa yang mungkin pernah Anda dekati.

Saat Anda melihat kucing berjalan ke arah sepatu yang bau, Anda mungkin juga memperhatikan bahwa kucing Anda menggosok dirinya sendiri pada sepatu tersebut.

Anda sebagai manusia mungkin melihat perilaku itu sebagai contoh kucing "menyukai" hal yang bau. Tetapi kucing mungkin sebenarnya mencoba untuk menimpa beberapa bau luar dengan aroma khusus mereka sendiri.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/25/095800176/alasan-mengapa-kucing-menyukai-hal-yang-berbau-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke