Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2021, 12:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Perilaku kucing bisa beraneka ragam, mulai dari yang lucu hingga bisa membahayakan diri kita sebagai pemiliknya. Salah satunya adalah kebiasaan kucing menggigit kita.

Kerap kali gigitan kucing tidak benar-benar dilakukannya, sehingga tidak menimbulkan luka. Biasanya ini terjadi ketika kucing sedang bermain dengan kita.

Akan tetapi, apabila kucing menggigit dan menahan atau tiba-tiba menggigit Anda tanpa alasan, hubungi dokter hewan untuk memastikan tidak ada yang salah secara fisik dengan kucing peliharaan.

Baca juga: Lebih Baik Merawat Kucing di Dalam atau Luar Ruangan?

Jika tidak ada alasan medis di balik perilaku kucing yang menggigit, pertimbangkan cara lain yang mungkin Anda dan kucing Anda lakukan. Bahasa tubuh kucing terkadang bisa sulit untuk ditebak.

Dilansir dari Daily Paws, Sabtu (21/8/2021), berikut beberapa alasan kucing menggigit kita yang perlu diketahui.

Ilustrasi kucing menggigit tangan pemiliknya.SHUTTERSTOCK/BOGDAN SONJACHNYJ Ilustrasi kucing menggigit tangan pemiliknya.

Kenapa kucing menggigit kita?

Agresi kucing terbagi dalam empat kategori. Secara umum, kucing menggigit karena main-main (terutama kucing muda), ketakutan atau rasa sakit, frustrasi, atau impuls predator.

1. Perilaku bermain

Menggigit adalah perilaku bermain rutin yang dimulai pada anak kucing pada usia 12 minggu dan berlanjut hingga tahun pertama mereka. Perkelahian tiruan ini mengajari mereka keterampilan berburu serta keterampilan komunikasi kucing dewasa.

Adapun permainan kasar adalah cara mereka menguji batas. Di dalam rumah, anak kucing berusaha mengidentifikasi orang sebagai pengasuh atau teman bermain.

Baca juga: Cara Menghentikan Kucing Peliharaan yang Suka Menindas Kucing Lain

Jika mereka melihat Anda sebagai sesama anak kucing, mereka akan lebih cenderung menggigit saat bermain dan menawarkan “gigitan cinta” yang lembut selama interaksi dan kasih sayang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com