Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Baik Merawat Kucing di Dalam atau Luar Ruangan?

Kompas.com - 20/08/2021, 11:59 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber WebMD

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sering dirawat banyak orang karena tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan.

Perawatan yang baik dan benar, seperti memerhatikan nutrisi dan kebutuhan lainnya, menjadikan kucing lebih memiliki kesehatan yang baik dibandingkan dengan kucing luar rumah.

Melansir dari Web MD, Jumat (20/8/2021), menurut Jane Brunt, dokter hewan dan pemilik Rumah Sakit Kucing di Towson, Eastern Shore, membiarkan kucing di luar ruangan dapat meningkatkan risiko mereka terluka dan terkena penyakit menular seperti virus leukemia kucing (FeLV) dan virus imunodefisiensi kucing (FIV).

Baca juga: Cara Menghentikan Kucing Peliharaan yang Suka Menindas Kucing Lain

Kucing luar ruangan juga bisa terluka dalam perkelahian dengan hewan lain, tertabrak mobil, atau terbunuh ketika mereka secara tidak sengaja meminum racun.

Memelihara kucing dalam ruangan versus kucing luar ruangan

Konsensus di antara dokter hewan dan organisasi seperti American Veterinary Medical Association (AVMA) adalah untuk menjaga kucing tetap di kandang, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Kandang luar ruangan atau leash walking untuk kucing yang nyaman dengannya dapat membuat mereka terstimulasi dan aman sekaligus melindungi manusia, satwa liar, dan lingkungan.

Selain itu, kucing dalam ruangan cenderung hidup lebih lama daripada kucing di luar ruangan, biasanya mencapai usia 10 hingga 15 tahun. Kucing yang menghabiskan hidup mereka secara eksklusif di luar ruangan hidup rata-rata hanya 2 hingga 5 tahun.

Baca juga: Yuk Bantu Kontrol Populasi Kucing dan Anjing dengan Adopsi

Kesehatan kucing luar ruangan

Jika Anda memutuskan untuk memelihara kucing di luar ruangan, penting untuk mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan bahwa kucing Anda aman.

"Jika memungkinkan, cobalah untuk memasukkan mereka di malam hari. Sebagian besar masalah, seperti tertabrak mobil atau hewan liar tampaknya sebagian besar masalah terjadi pada malam hari,” kata Bernadine Cruz, DVM, dokter hewan rekanan di Rumah Sakit Hewan Laguna Hills di Laguna Hills , CA, dan anggota American Veterinary Medical Association.

Salah satu pilihan adalah membangun rumah kucing di luar ruangan untuk menjaga kucing Anda tetap aman dan terlindungi siang dan malam.

Setiap kucing, baik di dalam maupun di luar ruangan harus menemui dokter hewan setidaknya dua kali setahun untuk pemeriksaan dan vaksin untuk penyakit seperti rabies dan distemper kucing, serta obat cacing jantung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com